Ada Dugaan Korupsi dalam Branding Kopi Kapiten, Makar Laporkan Mantan Bupati Pasuruan ke Kejari

Makar laporkan dugaan tindak pidana korupsi ke Kejari Pasuruan.
Sumber :
  • VIVA Malang/Mochamad Rois

Pasuruan, VIVA – Gabungan aktivis Pasuruan yang mengatasnamakan Masyarakat Anti Korupsi Anggaran Rakyat (Makar) melurug kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Pasuruan pada Rabu, 13 Maret 2024.

Penggemar Modena di Malang Kini Dimanjakan Dengan Inovasi Produk Baru

Mereka melaporkan dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi saat pemerintahan mantan Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf. Saat itu, Pemkab Pasuruan getol-getolnya menggaungkan produk kopi khas Kabupaten Pasuruan yang diberi nama Kapiten.

Koordinator Makar, Lujeng Sudarto menerangkan jika Pemkab Pasuruan pada tahun 2016 lalu telah membiayai Asosiasi Petani Kopi Kabupaten Pasuruan (APEKI) untuk pengurusan sertifikat HAKI ke Kemenkumham RI.

Pawai Budaya Kota Malang, Wahyu Hidayat Diserbu Emak-emak Diajak Selfie

Namun, ketika sertifikat tersebut keluar, merk Kapiten yang dimiliki APEKI hanya diperuntukkan jasa periklanan, info perdagangan dan penyelenggaraan pameran, serta penataan etalase toko dan kafe. Sebab, merek dagang Kapiten sudah lebih dulu menjadi hak milik perusahaan lain.

"Jika hanya sebatas itu, maka Pemkab Pasuruan sejak tahun 2016 seharusnya tidak mengalokasikan anggaran belanja modal dan hibah kepada APEKI untuk kepentingan branding dan penjualan ilegal di gerai-gerai kopi kapiten. Namun faktanya Pemkab secara berturut-turut sampai tahun 2023 tetap menganggarkan," jelasnya.

PDI Perjuangan Kota Batu Resmi Buka Pendaftaran Bacalon Wali Kota dan Wakil

Lujeng mengungkapkan jika anggaran belanja modal dan hibah itu dianggarkan kepada APEKI itu dialokasikan melalui daftar penggunaan anggaran (DPA) Dinas dan Ketahanan Pangan Pertanian, untuk pengadaan bibit dan pelatihan petani, sementara di Dinas Perdagangan dan Industri untuk pengadaan alat pengolahan kopi, kendaraan operasional dan desai atau rehab tempat penjualan produk kopi.

Dari kroscek lapangan oleh Makar, kata dia, ternyata didapati informasi jika hibah bibit kopi dan bantuan peralatan pengolahan kopi hanya diberikan kepada kelompok tani yang tergabung di APKI, yang notabene adalah orang dekat Irsyad Yusuf, mantan Bupati Pasuruan.

Halaman Selanjutnya
img_title