Pemkab Pasuruan Selesaikan Masalah Limbah Industri Secara Kolaboratif

Tuntutan masalah limbah industri di Pasuruan
Sumber :
  • VIVA Malang (Hari Mujiyanto/Pasuruan)

Pasuruan, VIVA – Pasca aksi unjuk rasa yang beberapa kali terjadi terkait masalah limbah industri, Pemerintah Kabupaten Pasuruan bersama seluruh pemangku kepentingan akhirnya menemukan titik terang dalam penyelesaian masalah ini. 

Minim SDM Kendala Utama Pengelolaan di TPA Tlekung Kota Batu

Melalui musyawarah yang melibatkan pemerintah daerah, perusahaan, tokoh masyarakat, dan lembaga terkait, tercapai kesepakatan untuk melakukan pengawasan ketat terhadap pembuangan limbah industri Pasuruan muske sungai.

"Aksi unjuk rasa yang terjadi beberapa kali menjadi bukti kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, melalui musyawarah hari ini kita berkomitmen untuk mencari solusi terbaik dan memastikan lingkungan tetap terjaga," ujar Taufiqul Ghoni, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan. Jum'at 2 Agustus 2024.

Pasca Kebakaran, Pedagang Pasar Pasrepan Pasuruan Segera Direlokasi

Salah satu hasil penting dari musyawarah ini adalah pembentukan tim pengawas yang melibatkan Dinas Lingkungan Hidup dan masyarakat.

Tim ini akan secara rutin memantau kualitas air sungai dan melakukan uji laboratorium terhadap limbah industri. Perusahaan yang terbukti melanggar aturan akan dikenai sanksi tegas.

Pasuruan Siap Hadapi Bencana, Masyarakat Dilatih Simulasi Mitigasi

"Kami akan melakukan pengawasan secara ketat dan transparan," tegas Heri Sucahyo, perwakilan tokoh masyarakat. 

Warga berharap dengan adanya pengawasan ini, kualitas air sungai dapat segera membaik dan masyarakat dapat hidup dengan nyaman.

Halaman Selanjutnya
img_title