Tingkatkan Hospitality Pelayanan Publik, ASN Diberi Bimtek Khusus
- istimewa
Malang – Era transformasi digital membuat masyarakat lebih mudah mengakses informasi. Tak terkecuali dalam menyampaikan keluhan atau aduan terhadap pelayanan publik.
Di Indonesia, terdapat Sistem Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N LAPOR!). Ini merupakan sebuah platform atau kanal yang disediakan pemerintah untuk masyarakat menyampaikan pengaduan, laporan, atau aspirasi terkait pelayanan publik yang mereka terima.
Dengan adanya SP4N LAPOR!, masyarakat dapat menyampaikan keluhan secara langsung kepada pemerintah dan meminta pertanggungjawaban atas pelayanan yang kurang memuaskan.
Sepanjang tahun 2023, terdapat 176.853 laporan. Jumlah laporan ini didominasi oleh laporan yang masuk untuk kementerian dan lembaga sebanyak 60,39 persen.
Menanggapi hal ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang mengajak seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkot Malang untuk mengikuti bimbingan teknis (Bimtek).
Kegiatan yang berlangsung di Mini Block Office itu dilaksanakan selama tiga hari, yakni 30 Juli-1 Agustus 2024 dalam kegiatan bertajuk “Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas SDM Pengelola Layanan Pengaduan di Lingkungan Pemerintah Kota Malang Tahun 2024.”
“Kegiatan ini diikuti oleh seluruh admin aduan publik di semua organisasi perangkat daerah termasuk Puskesmas dan Kelurahan secara bertahap,” kata Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik (KIP) Diskominfo Kota Malang Ismintarti, SP.