Versi Pengamat, Anies Lebih Dekat Secara Psikologis Dengan Surya Paloh

Versi Pengamat, Anies Lebih Dekat Secara Psikologis Dengan Surya Paloh
Sumber :

Malang – Soal bakal Capres 2024, sosok Anies Baswedan cenderung lebih potensial didukung kuat oleh Ketua Umum Nasdem Surya Paloh. Hal ini diamati pengamat politik Refly Harun.

10 Terbaik Penerapan SPBE, Kota Malang Raih Penghargaan DGA 2024

Menurutnya sosok Anies lebih punya kedekatan psikologis dengan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh.

Meski demikian, Refly menganalisa Paloh dalam politik akan melakukan pendekatan politik toleh kanan dan toleh kiri. Menurutnya, maksud dari toleh kanan toleh kiri ini dalam artian melihat peluang mana yang paling besar.

Cara IWAPI Dorong UKM Kuliner Pasuruan Naik Kelas Lewat Cooking Class Gratis

Refly menilai Paloh akan membaca peluang kemungkinan dirinya bisa menjadi king maker di Pilpres 2024. 

"Karena dia posisinya ada di tengah sekarang. Dia kan nggak doyan paling kan sama PDIP. Karena hubungan personal sama Meganya kan nggak bagus. Jadi, misalnya toleh kirinya bisa memastikan Ganjar di sana, dia bisa jadi king maker, PDIP nggak ada, bisa jadi," kata Refly dalam podcast YouTube-nya dikutip pada Rabu, 27 Juli 2022.

Pemkot Batu Salurkan Bantuan Pangan Beras pada 9.129 KPM di Kota Batu

Sebelumnya Partai Nasdem menjagokan tiga nama sebagai bakal capres 2024. Selain Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. 

Dia menekankan peluang Paloh mengusung Ganjar jika tak ada PDIP dalam koalisi yang digagasnya. Kata Refly, Nasdem bisa berdiri menyodorkan Ganjar bisa terbuka bersama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Halaman Selanjutnya
img_title