Usai Dilantik, Ini Pesan Pj Wali Kota Malang Untuk PPK yang Bertugas di Pilkada

Pj Wali Kota Malang saat Pelantikan 25 PPK KPU Kota Malang
Sumber :
  • VIVA Malang / Uki Rama

Malang, VIVA – 25 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dilantik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang pada Kamis, 16 Mei 2024. Mereka akan bertugas mengawal pelaksanaan pemilihan Gubernur dan pemilihan Wali Kota Malang pada 2024. 

Belasan Personel Polresta Malang Kota Dapat Tugas Khusus Jaga Paslon Di Pilkada

Penjabat Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat berpesan agar 25 PPK yang dilantik menjalankan tugas dengan sebenar-benarnya demi Pilkada yang berkualitas. Dia berpesan penyelenggara Pemilu harus jujur dan adil karena menjadi penentu terwujudnya pemerintahan yang demokratis. 

"PPK ini diharapkan benar benar menjadi ujung tombak agar KPU Kota Malang bisa melaksanakan tugasnya dengan baik. Semoga semua kewenangannya dijalankan dengan baik dan menghasilkan Pemilu yang adil, aman dan nyaman. Saya harap pelaksanaan Pilkada nantinya dapat berjalan dengan lancar dan tertib," kata Wahyu. 

Pjs Wali Kota Pasuruan Tekankan Pelayanan Publik Terus Berjalan

Dia mengingatkan agar PPK yang menjadi kepanjangan tangan KPU di tingkat kecamatan bekerja secara profesional. Karena profesionalitas dan independensi penyelenggara menjadi kunci terwujudnya Pemilu yang jujur dan adil. 

"Penyelenggara Pemilu yang jujur dan adil menjadi penentu terwujudnya pemerintahan yang demokratis, aman, nyaman dan damai," ujar Wahyu. 

Kesbangpol Ajak Ormas Sukseskan Pilkada 2024 Kota Batu

Sementara itu, Ketua KPU Kota Malang Aminah Asminingtyas menyebut bahwa Pilkada tidak serumit Pemilihan Legislatif. Sebab, hanya ada 2 kotak suara yakni Pilgub dan Pilwali. Secara tugas PPK hanya bekerja selama 8 bulan. 

"PPK menjadi garda terdepan yang akan mengkoordinir PPS dan KPPS serta sebagai representasi KPU dalam melaksanakan Pemilu," tutur Aminah. 

Halaman Selanjutnya
img_title