1.522 Warga Jombang Ikuti Tes CAT Calon Anggota PPS Pilkada 2024

Peserta ujian CAT calon anggota PPS.
Sumber :
  • VIVA Malang (Elok Apriyanto/Jombang)

Jombang, VIVA – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, terus bergulir hingga saat ini. Kini, ada 1.522 warga Jombang yang lolos seleksi administrasi anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) mengikuti ujian Computer Assisted Test (CAT), di SMK Negeri 1 Jombang.

Temuan Mayat Membusuk di dalam Rumah Gemparkan Warga Sisir Kota Batu

Komisioner KPU Kabupaten Jombang, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Rita Darmawati menjelaskan, mulai tanggal 15 hingga 16 Mei KPU Jombang mengadakan ujian CAT untuk calon anggota PPS.

"Kita melakukan seleksi CAT, walaupun juga diperkenankan untuk ujian secara manual," kata Rita, Rabu 15 Mei 2024.

Bangun SPAM Bango, Upaya PJT I Penuhi Kecukupan Air di Kota Malang

Rita menyebut, pada seleksi calon anggota PPS, ada sekitar 1.537 pendaftar. Dan setelah dilakukan seleksi administrasi ada sekitar 1.522 pendaftar yang lolos seleksi administrasi.

"Yang mendaftar kemarin 1.537, kemudian yang lolos seleksi administrasi 1.522. Jadi yang mengikuti tes CAT ini ada 1.522 orang yang tersebar di 306 Desa dan Kelurahan," ujarnya.

Sosialisasi Ketentuan Perundangan Cukai, Satpol PP Jombang Libatkan Linmas

Rita menegaskan ada dua kebutuhan yang nantinya diisi di masing-masing Desa. Dia menegaskan seleksi PPS ini dilakukan sesuai dengan peraturan KPU yang berlaku terkait rekrutmen PPS.

"Nanti untuk kebutuhannya, minimal dua kali kebutuhan, tapi kita lihat, ada beberapa desa yang gak sampai ya, karena tidak lolos administrasi, tapi yang paling banyak itu dua kali kebutuhan. Jadi kita ambil 6 per Desa. Sesuai keputusan KPU 476, tahun 2024 itu, bahwa pembentukan badan adhoc pada Pilkada 2024 itu menggunakan seleksi terbuka dan itu kita laksanakan," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title