11 Paket PL di Dinas Pendidikan Jombang, Diduga jadi Ajang Bancakan

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang,
Sumber :
  • VIVA Malang (Elok Apriyanto/Jombang)

Jombang, VIVA – Terdapat 11 paket pekerjaan penunjukan langsung rehab gedung SMP di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang, Jawa Timur, diduga menjadi bancakan oknum.

Heboh di Kota Malang Mendadak Ada 12 Kucing Mati

Dari data yang dihimpun, dari berbagai sumber dari setiap pekerjaan yang bernilai rata-rata Rp198 juta ini, diduga terdapat sejumlah uang yang dipungut oleh koordinator rekanan.

Dimana uang pungutan sebesar 20 persen hasil pungutan setiap proyek tersebut nantinya akan dibagikan ke beberapa pejabat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang.

Laporan Kadis dan Sekdin Dikbud Jombang Nonaktif ke Polisi, Diambil Alih APIP

"Ada 11 paket pekerjaan tahun ini, rehab gedung dan pengadaan mebeler maupun komputer di beberapa SMP negeri. Paket ini diatur salah satu rekanan yang berkantor di jalan Pattimura," kata J salah satu rekanan yang namanya enggan dipublikasikan, Sabtu, 6 Juli 2024.

Sembari mewanti-wanti namanya untuk tidak dipublikasikan, J menyebut, uang pungutan 20 persen dari pagu kegiatan PL itu, akan disetor ke salah rekanan untuk diberikan pada Kasi, Kabid, hingga Kadis.

Tak Lolos Zonasi, Sejumlah Wali Murid Datangi Kantor Desa di Jombang

"Ya uang itu nanti dibagi buat ibu kasi, pak Kabid sampai ke Kadis. Jumlahnya cukup lumayan. Kalau 20 persen dari Rp198 juta ya tinggal kali saja kalau ada 11 pekerjaan," ujarnya.

Ia menegaskan praktek pungutan itu, sudah biasa dilakukan oleh dinas, bila rekanan tidak memberikan jatah tersebut, dipastikan tahun depan rekanan tidak akan menerima paket dari dinas.

Halaman Selanjutnya
img_title