Danton Prabawanto Beri Tips Buat BMC Langsung Pada Summer Camp ITS

Founder Beon Intermedia, Danton Prabawanto Saat Melihat BMC
Sumber :
  • istimewa

Malang –Seiring berkembangnya waktu dan teknologi, anak-anak muda, utamanya mahasiswa tak sedikit yang mulai berwirausaha. Potensi ini menjadi angin segar bagi perekonomian di Indonesia. Sehingga, pemerintah banyak mencanangkan program khusus, misalnya Wirausaha Merdeka yang sudah diikuti oleh 38.871 mahasiswa pada tahun 2023.

Bangun Nalar Kritis, FH Unmer Malang Gelar LKTI Piala Dekan 2024 Tingkat SMA se-Jatim

Padahal, menjadi seorang pengusaha bukan hal yang mudah. Banyak tantangan yang harus dilewati. Mulai membuat perencanaan bisnis, motivasi hingga ‘senjata’ apa yang akan digunakan. 

“Untuk itu, saat ingin menjadi pengusaha, motivasinya harus kuat dulu. Jadi pengusaha itu tidak mudah. Entrepreneur itu bukan kaitan kita lagi bikin apa atau produk kita apa, tapi orangnya, mau tumbuh berkembang apa tidak,” kata Danton Prabawanto, Founder Beon Intermedia Group saat mengisi kegiatan Kick off Summer Bootcamp TDC ITS, Sabtu, 29 Juni 2024.

Batu Culture Festival 2024, Cara Pemkot Batu Rayakan Kekayaan Warisan Budaya

Menurut Danton, setiap pengusaha harus banyak belajar hal-hal baru. Saat menjadi pengusaha, jangan pernah jadikan pendapatan sebagai landasan membangun bisnis. Melainkan, untuk meningkatkan kapasitas diri.

“Dalam hal ini yang paling penting adalah proses pembelajaran sehingga bisa dapat experience. Sehingga, bisnis apapun yang dijalankan bisa lebih mudah sustain,” kata dia.

Dapat Restu Kaesang, Dukungan Untuk Ali Muthohirin di Pilwali Kota Malang Kian Masif

Kemudian, pembelajaran lain yang dilakukan adalah mempelajari berbagai teori. Saat membangun usaha pertama, Danton mulai mempelajari teori SWOT analysis dan blue ocean strategy. 

“Dalam teori blue ocean strategy, ada perspektif baru dalam bikin bisnis, yaitu buat satu dunia tidak ada saingannya. Ketika kita menyelam di blue ocean, masih banyak ikan yang bisa dipancing. Sehingga membuat kompetitor tidak relevan,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
img_title