Komitmen Percepat Eliminasi TBC, Pemkot Pasuruan Launching Gardu Siaga Jaring TBC

Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf alias Gus Ipul
Sumber :
  • VIVA Malang / (Mochamad Rois/Pasuruan)

Pasuruan, VIVAPemerintah Kota Pasuruan (Pemkot) menegaskan komitmennya dalam percepatan eliminasi Tuberkulosis (TBC) atau TB di Kota Pasuruan. Mereka baru saja melaunching Gardu Siaga TBC yang diresmikan oleh Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf alias Gus Ipul di Gedung Gradika Bhakti Praja Kota Pasuruan, pada Selasa, 28 Mei 2024. 

Gagal Lolos Masuk SMP Gara-gara Zonasi, Ini Penjelasan Dinas Pendidikan Jombang

Gus Ipul mengatakan, saat ini beberapa penyakit menular masih menjadi masalah kesehatan di Kota Pasuruan. Salah satunya adalah TBC yang harus ditangani secara tuntas di tahun 2024. 

“Di Kota Pasuruan, masih ada beberapa kasus penyakit TBC yang belum mampu kita atasi sepenuhnya dari ukuran yang telah ditetapkan oleh Pemerintah yakni dengan metode TOS (Temukan, Obati, Sampai Sembuh),” kata Gus Ipul.

Peran Warga Negara Asing Dibalik Berdirinya Pabrik Narkoba Terbesar di Indonesia

Gus Ipul menyebutkan bahwa hal tersebut  terjadi karena masih adanya stigma dan diskriminasi pada pasien TBC dapat menjadi hambatan bagi mereka untuk menjalani pengobatan. 

“Perlu dipahami bahwa TBC dapat disembuhkan melalui pengobatan rutin hingga tuntas. Banyak kasus penyakit TBC yang tidak mau diobati sampai sembuh karena diluar sana masih ada stigma buruk tentang TBC,” ujarnya.

Modus Pabrik Narkoba di Malang Untuk Kelabuhi Polisi, Nyamar Jadi Kantor EO

Untuk mengatasi hal tersebut, Gus Ipul menuturkan perlunya pendekatan yang baik agar para pasien TBC dapat merasa aman dan nyaman untuk berobat. 

“Yakinkan bahwa penyakit TBC bisa diobati agar tidak menular kepada yang lain. Pasien TBC harus kita rangkul dan diberi penjelasan dengan kasih sayang sebab jika kita salah dalam melakukan pendekatan, maka ada ketakutan yang dirasakan oleh pasien TBC,” tutur Gus Ipul

Halaman Selanjutnya
img_title