Tanah Gerak di Jombang Bikin 11 Rumah Warga Rusak, 34 Orang Mengungsi

Rumah warga yang retak akibat pergerakan tanah
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Bencana alam terjadi di wilayah Kabupaten Jombang Jawa Timur, pada Kamis 7 Maret 2024 dini hari.Bencana alam berupa tanah gerak itu terjadi di Dusun Sumberlamong, Desa Sambirejo, Kecamatan Wonosalam.

Gowes Bareng MainSepeda Jadi Cara Pj Wali Kota Malang Gerakan Sport Tourism

Akibat peristiwa itu, 11 rumah warga rusak dan 12 keluarga yang terdiri dari 34 jiwa tersebut harus mengungsi agar tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Kepala Desa Sambirejo, Sungkono menjelaskan di lokasi yang terjadi bencana alam itu, sebenarnya sudah lama terjadi keretakan tanah.

Mantan Wabup Pasuruan Diantar Para Ulama Daftar Cabup ke Kantor DPC PKB

"Indikasi keretakan ini sudah dideteksi dan diteliti oleh BPBD, selama satu bulan dan ternyata hasilnya waktu itu, sudah di lampu merah. Masyarakat harus diupayakan untuk bergeser ke tempat yang aman," kata Sungkono.

Lantaran warga belum berpindah ke tempat yang aman, tanah gerak yang terjadi pada dini hari tadi itu, membuat rumah warga rusak, dan berdampak langsung pada 12 KK, yang terdiri dari 34 jiwa.

Aksi Buruh Di Kota Malang Juga Suarakan Tragedi Kanjuruhan

"Tapi belum sampai bergeser, pada malam hari tadi terjadi keretakan yang lebih parah yang menimbulkan dampak langsung pada 12 KK, yang berjumlah 34 anggota keluarga. 11 rumah rusak," ujarnya.

Akibat dari 11 rumah warga yang rusak itu, warga akhirnya memilih mengungsi ke tempat atau rumah saudaranya yang lokasinya tak jauh dari rumah.

Halaman Selanjutnya
img_title