Curah Hujan Tinggi, Air Setinggi 1 Meter Rendam Ratusan Rumah Warga di Jombang

Air luapan sungai yang mengenangi pemukiman warga di Jombang
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Tingginya intensitas hujan yang terjadi membuat debit air sungai yang ada di Kali Tempel, dan Kali Gunting wilayah Desa Kebondalem, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang Jawa Timur, meluap.

Gowes Bareng MainSepeda Jadi Cara Pj Wali Kota Malang Gerakan Sport Tourism

Air yang meluap dari sungai masuk ke sawah dan akhirnya lari ke pemukiman warga. Akibat peristiwa itu, rumah warga terendam air setinggi 1 meter sejak dini hari. 

Anton Sugianto (65 tahun) warga Dusun Kebondalem, Desa Kademangan Mojoagung mengatakan air luapan sungai itu masuk ke pemukiman warga pada Rabu 6 Maret , sekitar pukul 01.00 WIB dini hari saat warga istirahat. 

Mantan Wabup Pasuruan Diantar Para Ulama Daftar Cabup ke Kantor DPC PKB

"Mulai banjir jam satu malam. Air dari sungai. Di sungai (kali Gunting) yang sana penuh, dan sungai (kali Tempel) yang sini penuh. Ya akhirnya naik ke sini semua (pemukiman)," kata Anton.

Ia menegaskan air sungai yang meluap itu diakibatkan hujan yang turun sejak Selasa 5 Maret sejak sore hingga malam.

Aksi Buruh Di Kota Malang Juga Suarakan Tragedi Kanjuruhan

"Ini air hujan yang sejak Magrib sampai malam jam 00.00 baru terang terus airnya meluap ke sawah terus ke sini," ujarnya.

Ia pun menyebut debit air yang masuk ke pemukiman warga sangat tinggi. Di luar rumah warga, air mencapai 2 meter lebih. Hal ini membuat ratusan rumah warga terendam air.

Halaman Selanjutnya
img_title