Menkes Putuskan Vaksinasi Covid-19 Untuk Anak Gratis

ilustrasi vaksin covid-19
Sumber :
  • pixabay

Malang – Menteri Kesehatan, budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa vaksinasi untuk anak usia 6 bulan sampai 8 tahun, gratis.

Jurus Pemkot Pasuruan Angkat Potensi Olahan Ikan Bandeng di Kawasan Heritage ala Semarang

Hal ini sudah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Sehingga, Budi mengimbau para orangtua untuk tidak khawatir akan biaya vaksinasi tersebut karena anggaran pemerintah masih mencakup program vaksinasi anak. 

"Dan sekarang adanya vaksin yang sudah bisa turun ke bawah (usia bawah 11 tahun), otomatis pemerintah akan melakukan dan anggarannya cukup kok. Kita ada anggarannya untuk bisa melakukan vaksinasi anak secara gratis. Nanti segera akan kita proses untuk vaksinasi anak secara gratis," ujar dia.

Pencari Rumput di Jombang Temukan Mayat Dalam Kebun Tebu

Dia mengatakan, salah satu jenis vaksin yang akan digunakan untuk anak usia di bawah 11 tahun hanya merek Pfizer. Hal itu lantaran sudah mendapatkan izin dari BPOM serta ITAGI yang bertanggungjawab akan keamanan vaksinasi anak.

"Jadi memang ini kan kita memberikan kepada anak-anak ini kan sudah ada ahlinya, ITAGI dan BPOM. Jadi selama ITAGI dan BPOM belum memberikan opini bahwa ini (vaksin) perlu diberikan, kita tidak berani memberikan karena takut," jelasnya. 

Laga Hidup Mati Bagi Arema FC saat Melawan PSM Makassar

Meski demikian, ia tak menampik akan ada jenis vaksin lain yang bisa digunakan apabila sudah melewati serangkaian syarat BPOM dan ITAGI terkait keamanannya. Namun, vaksin anak ini akan lebih dulu dimulai dengan jenis Pfizer.

"Yang sekarang adanya Pfizer, jadi kita mulai dengan Pfizer terlebih dahulu. Tapi nanti kalau ada merek-merek vaksin lain yang bisa untuk anak akan kita berikan," imbuh Menkes

Halaman Selanjutnya
img_title