Berstatus Sekolah Adiwiyata Nasional, Sekolah Madrasah di Jombang punya 17 Motif Batik

Pelajar MTsN 1 Jombang yang berprestasi
Sumber :
  • VIVA Malang (Elok Aprianto-Jombang)

Jombang, VIVA – Menyandang status sekolah madrasah adiwiyata nasional, memacu pihak MTsN 1 Jombang, Jawa Timur, untuk membuat inovasi baru.

Usai Mencuat, LKS di MTsN 1 Jombang Ditarik Penerbit

Salah satu inovasinya yakni, menciptakan karya baru berupa motif batik. Tak tanggung-tanggung, kini ada 17 motif batik khas madrasah yang dimiliki sekolah beralamat di jalan Prof. Muh. Yamin No.56, Pandanwangi, Kecamatan Diwek ini.

Purnomo selaku Kepala Sekolah MTsN 1 Jombang mengatakan, kini MTsN 1 Jombang telah memiliki 17 motif batik khas madrasah. 

Respon Kemenag Jombang Usai Ditemukan Dugaan MTsN Terindikasi Jual LKS

"Karena identitas madrasah batik itu sudah melekat pada MTsN 1 Jombang, kita harus menciptakan pola-pola baru setiap tahun," katanya, Selasa 6 Agustus 2024.

Lebih lanjut, Purnomo mengatakan bahwa karya yang terbaru adalah motif batik corak bunga wijaya kusuma. Yang terinspirasi dari bunga wijaya kusuma yang banyak bergelantungan di atap MTsN 1 Jombang.

Jual Beli LKS Masih Marak, Tiap Siswa MTsN di Jombang Harus Bayar Rp160 Ribu

"Corak itu menjadi corak ke-17 dan telah dipatenkan," ujarnya.

Ia menegaskan setiap batik karya siswa dan guru MTsN 1 Jombang memiliki ciri khas sendiri, utamanya pada tulisan pego bertuliskan MTsN 1 Jombang yang ada di semua corak batik.

Halaman Selanjutnya
img_title