Momen Hardiknas 2024, Monumen Ki Hajar Dewantara di Jombang Terabaikan dan Kurang Terawat

Monumen Ki Hajar Dewantara di Jombang.
Sumber :
  • VIVA Malang (Elok Apriyanto/Jombang)

Jombang, VIVA – Menjelang momen peringatan hari pendidikan nasional (Hardiknas) yang jatuh setiap tanggal 2 Mei, ada pemandangan yang tak, sedap di mata, yang ada di jantung kota Jombang, Jawa Timur.

Ada 4 Kloter CJH Jombang yang Berangkat ke Tanah Suci, Ini Jadwalnya

Berlokasi di depan simpang empat jalan Pattimura yang ada di wilayah Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang patung Ki Hajar Dewantara atau bapak Pendidikan Indonesia, tampak terabaikan.

Monumen Ki Hajar Dewantara tampak dipenuhi rumput liar. Tak hanya itu, warna cat pada monumen itu, juga mulai memudar hingga berlumut.

Hanyut di Sungai Amprong Malang, 1 Selamat 2 Bocah Ditemukan Meninggal Dunia

Ironisnya monumen itu, terletak di antara kompleks gedung sekolah maupun kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang.

Yanto (52 tahun) salah satu warga di sekitar monumen Ki Hajar Dewantara mengatakan, monumen pendidikan itu tertutup dahan pohon yang berada di sebelahnya. Cat pilar monumen pendidikan di persimpangan jalan Patimura Kabupaten Jombang, juga sudah usang. 

Pj Wali Kota Malang Minta Tim WTI Belanja Bawang Merah Untuk Kendalikan Harga

"Kayaknya tidak pernah dilakukan perawatan, kondisi cat juga sudah usah. Banyak yang mengelupas," ujar Yanto, Rabu, 1 Mei 2024.

Ia pun menyayangkan tidak adanya perhatian dari pemerintah setempat atas kondisi patung bapak pendidikan yang dikenal dengan jargonnya Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Manyun Karso, Tut Wuri Handayani, apalagi besok bertepatan dengan hardiknas.

Halaman Selanjutnya
img_title