6 Bidang Ilmu UB Masuk Pemeringkatan QS World University Rankings

Kepala UPT Reputasi UB Adharul Muttaqien
Sumber :
  • Dok Humas UB

Malang, VIVA Universitas Brawijaya (UB) masuk dalam daftar perguruan tinggi paling unggul berdasarkan kelompok bidang ilmu atau by Subject 2024. Rilis itu dikeluarkan oleh Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi QS World University Rankings (WUR). 

Bawaslu Kota Batu Buka Pendaftaran Panwascam, Simak Ini Syarat dan Jadwalnya

Kepala UPT Reputasi UB Adharul Muttaqien mengatakan ada peningkatan jumlah bidang keilmuan yang masuk pemeringkatan dibanding periode tahun 2023. Saat itu hanya ada tiga bidang ilmu kali ini di 2024 ada 6 bidang ilmu yang masuk.

Dengan rincian pada periode 2024 capaian QS WUR by Subject UB menjadi lima bidang ilmu spesifik (Specific Subject) dan satu bidang ilmu yang luas (Broad Subject).

Ini Nama 50 Calon Terpilih Anggota DPRD Jombang yang Ditetapkan KPU

“Accounting and Finance peringkat 301-350, Agriculture and Forestly peringkat 301-350, Law and Legal Studies peringkat 301-350, Business and Management Studies peringkat 451-500, Economics and Econometrics peringkat 451-500. Sedangkan satu bidang ilmu luas adalah Social Science and Management di peringkat 501-550,” kata Dosen Fakultas Teknik itu. 

Ada beberapa indikator yang dilibatkan dalam penilaian tersebut yaitu Academic Reputation, Employer Reputation, Citation Paper, serta H-Index Citation untuk bidang tersebut.

Seorang Pria di Kota Malang Bacok Istri yang Hamil 4 Bulan Diduga Karena Cemburu

“Academic dan Employer Reputation penilaiannya berdasarkan survey yang disebar ke sejumlah orang. Academic Reputation terkait survey akademik yang dinilai oleh beberapa pakar sebidang sementara Employer Reputation adalah survey bidang non akademik yang disebar pada sejumlah pengguna lulusan,” ujarnya. 

Sementara itu, citation paper adalah jumlah sitasi untuk satu paper terindeks scopus. Jika satu paper punya sitasi tinggi berarti publikasi UB akan dilihat sangat berkualitas dan jadi rujukan. 

Halaman Selanjutnya
img_title