Hore, Realisasi Angkutan Gratis Bagi Pelajar di Kota Batu Mendekati Kenyataan

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai.
Sumber :
  • VIVA Malang / Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Dalam waktu dekat angkutan gratis bagi para pelajar mulai di uji cobakan pada April 2024 atau setelah lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah. Hal itu disampaikan oleh Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, Minggu 31 Maret 2024.

Dilirik UNESCO, Kota Malang Bakal Jadi Kota Kreatif Dunia pada 2025

"Agar segera dioperasikan, uji coba harus cepat dilakukan, April ini segera dilakukan agar Mei sudah siap. Uji coba sangat penting untuk mengetahui kesiapan serta kendala maupun keluhan berarti sehingga bisa berjalan matang," katanya. 

Untuk armada angkutan umum (Angkot) yang dipilih sebagai angkutan gratis harus memenuhi standar pelayanan minimum (SPM). Selain itu juga komitmen pelayanan sopir seperti kebersihan angkutan dan keselamatan berkendara.

Penggemar Modena di Malang Kini Dimanjakan Dengan Inovasi Produk Baru

"Bila nanti ada kelemahan harus cepat dibenahi. Kalau sudah matang nanti baru bisa kita lakukan secara serentak di semua wilayah,'' tuturnya.

Selain itu, agar berjalan lancar program ini harus dibarengi dengan kesadaran sopir untuk tidak merokok saat menyetir. Tentunya, para sopir ini akan mendapatkan skema subsidi tertentu. 

Pawai Budaya Kota Malang, Wahyu Hidayat Diserbu Emak-emak Diajak Selfie

''Harapannya nanti juga anak-anak ini nanti diberikan semacam kartu untuk bisa digunakan mengklaim subsidi ongkos. Sejauh ini, rencana akan ada 42 angkot yang akan dipakai sebagai armada mengangkut para pelajar ini di tahap awal," katanya.

Jumlah tersebut akan memfasilitasi sekitar 504 pelajar. Namun, untuk jumlah pastinya masih dalam tahap kajian lanjutan. Penyediaan fasilitas tersebut ditujukan untuk memastikan keamanan dan keselamatan pelajar.

Halaman Selanjutnya
img_title