Rekening 2 Nama Eks Pegawai DJP yang Jadi Konsultan Pajak Rafael Alun Diblokir

Rafael Alun Trisambodo usai klarifikasi di KPK
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana

MalangKepala PPATK Ivan Yustiavandana menduga mantan pegawai pajak Direktorat Jenderal Pajak menjadi konsultan pajak yang bersekongkol dengan Rafael Alun Trisambodo. Saat ini bahkan mantan pegawai itu dikabarkan tengah berada di luar negeri. 

16 Karang Taruna di Malang Sukses Bangun Potensi Desa Lewat Ramadan Heppiii

"Ya kami mendengar pengaduan masyarakat mengenai hal tersebut. Berdasarkan data yang ada, kami menduga ada mantan pegawai pajak yang bekerja pada konsultan tersebut," kata Ivan Yustiavandana kepada wartawan, Senin 6 Maret 2023.

Dikutip dari VIVA.co.id untuk identitas dua mantan pegawai pajak Direktorat Jenderal Pajak itu tidak dijelaskan secara rinci. Namun, rekening si konsultan pajak Rafael ini sendiri sudah diblokir PPATK.

Live Streaming Indonesia U23 vs Australia U23 di RCTI+ dan Vision+

Terpisah, Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan mengaku telah mengantongi data dua mantan pejabat DJP yang bekerja sebagai konsultan terkait dengan Rafael Alun. 

KPK, lanjut Pahala, sudah berkoordinasi dengan PPATK mengenai identitas dua mantan pegawai pajak ini. KPK dan PPATK juga berbagi data terkait penelusuran aset-aset Rafael Alun.

Masyarakat Bakal Gugat Pemkot Batu Usai Adanya Sampah Terkubur di Stadion Brantas

KPK menggandeng PPATK untuk merancang strategi terkait pembuktian tindak kejahatan korupsi terkait Rafael Alun, baru kemudian mengusut tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Pahala menegaskan KPK belum berencana memanggil dua mantan pegawai pajak yang bekerja sebagai konsultan pajak Rafael Alun itu. KPK tengah mengupayakan cara lain untuk tetap menelusuri aset-aset pejabat pajak Jaksel tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title