Ratusan Aset Pemkot Batu Belum Bersertifikat

Salah satu aset tanah jalan milik Pemkot Batu
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVAPemkot Batu tercatat memiliki 858 bidang aset terbagi atas 279 bidang tanah dan 579 bidang tanah jalan. Saat ini aset yang disertifikatkan masih 203 bidang.

Pawai Budaya Kota Malang, Wahyu Hidayat Diserbu Emak-emak Diajak Selfie

Untuk itu Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Batu gerak cepat untuk memproses aset tersebut. Pasalnya pengelolaan aset menjadi salah satu indikator dalam penilaian Monitoring Center for Prevention (MCP) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Kepala BKAD Kota Batu, Eny Rachyuningsih membenarkan hal tersebut. Terhitung hingga November 2023 sudah ada 203 bidang yang bersertifikat.

PDI Perjuangan Kota Batu Resmi Buka Pendaftaran Bacalon Wali Kota dan Wakil

"Dari total tersebut terbagi atas 169 bidang tanah dan 34 bidang ruas tanah bawah jalan. Lalu, sertifikasi yang masih dalam proses sampai November 2023 meliputi 61 bidang tanah. Dari total 61 bidang tanah, 59 bidang dalam proses dan 2 sudah selesai namun belum diserahkan," kata Eny, Rabu, 17 Januari 2024.

Kemudian untuk tanah jalan yang proses ada 99 bidang. Meliputi 61 bidang telah terbit peta bidang dan 38 proses pendaftaran peta bidang. Sementara pajak yang belum tercapai target atau belum proses sejumlah 495 bidang.

Pemotor Tewas Terlindas Truk Tronton di Mergosono Kota Malang

"Jumlah tersebut terbagi atas 25 bidang aset yang berasal dari Tanah Kas Desa seperti fasilitas pendidikan dan kesehatan. Selanjutnya 25 bidang aset sedang dalam pengumpulan berkas dokumen serta 445 bidang tanah jalan," tuturnya.