Perusahaan Rokok Asal Korea Investasi Pembangunan Pabrik Senilai Rp6,9 Triliun di Pasuruan

Ground breaking pabrik rokok asal Korea di Pasuruan
Sumber :
  • Mochammad Rois

Pasuruan, VIVA – Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono secara simbolis membuka ground breaking di lahan seluas 19 hektar untuk pembangunan pabrik ke 2 dan 3 Korea Tomorrow & Global (KT&G), melalui anak perusahaannya PT Tri Sakti Purwosari Makmur, di kawasan Pasuruan Industri Estate Rembang (PIER), Kabupaten Pasuruan. Jumat (26/4/2024).

LSP Paresta Go Nasional, Targetkan Sertifikasi Ribuan Pekerja Wisata

Pj. Gubernur Adhy menyampaikan bahwa ground breaking pembangunan pabrik dengan nilai investasi mencapai Rp6,9 triliun ini merupakan starting point untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, guna mengurangi tingkat pengangguran dan peningkatan taraf perekonomian masyarakat. 

“Manfaat dari investasi ini tentunya tidak hanya terkait penyerapan ribuan tenaga kerja semata, tapi juga menciptakan multiplier effect yang bermuara pada peningkatan daya beli masyarakat sekitar dan pertumbuhan ekonomi Jawa Timur,'' jelas Adhy Karyono

Awas Begal Payudara Hantui Kota Batu

Selain itu, kata Adhy, investasi juga memiliki peran sebagai salah satu komponen dari pendapatan nasional, Produk Domestik Bruto (PDB) Atau Gross Domestic Product (GDP).

Dimulainya pembangunan pabrik ini juga menjadi bukti bahwa Jawa Timur menjadi primadona dan salah satu tujuan investasi asing di Indonesia. 

CJH di Jombang Ikuti Manasik Masal, 1 Jemaah Gagal Berangkat Karena Wafat

Hal ini ditunjukkan oleh realisasi Investasi Penanaman Modal Asing (PMA) di tahun 2023 mencapai sebesar Rp70,2 triliun atau meningkat sebesar 56,35% dibandingkan tahun 2022 di angka Rp44,9 triliun. 

Meningkatnya nilai investasi ini juga tidak terlepas dari faktor kemudahan perizinan, pertanahan, regulasi tenaga kerja (buruh), hingga energi yang difasilitasi oleh Pemprov Jatim. Hal ini selaras dengan semangat peningkatan investasi yang digaungkan oleh Pemerintah Republik Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
img_title