Awas Meteran Air di Kota Batu jadi Sasaran Maling, Sehari 3 Titik Dilaporkan Hilang

Petugas tengah melakukan pengecekan dan pemasangan.
Sumber :
  • VIVA Malang / Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Perumdam Among Tirto Kota Batu menerima laporan kehilangan meteran air dari para pelanggan. Hingga hari ini, terdapat tiga laporan dari beberapa wilayah di Kota Batu.

Minim SDM Kendala Utama Pengelolaan di TPA Tlekung Kota Batu

Kepala Bagian Hubungan Langganan Perumdam Among Tirto, Ikhwan Hadi membenarkan informasi tersebut. Menurutnya sudah menerima tiga laporan kehilangan dari pelanggan, yakni di Desa Beji, Desa Pesanggrahan, dan Kelurahan Temas

"Ya benar, ada tiga laporan masuk. Sebenarnya, kejadian kehilangan meteran air ini bukanlah hal baru di Kota Batu, kejadian serupa pernah terjadi tiga bulan yang lalu, di mana terdapat sembilan laporan kehilangan meteran air," katanya, Selasa 10 September 2024.

Retribusi Parkir Pasar Induk Among Tani Batu Lebihi Target, Capai Rp2,294 Miliar

Bahkan, dua tahun yang lalu, kasus kehilangan meteran air sempat memuncak dengan jumlah laporan mencapai 100 kasus. Kawasan yang paling sering menjadi target pencurian adalah jalan-jalan protokol.

"Sementara di daerah perkampungan, kasus kehilangan meteran air terbilang jarang terjadi. Pencuri mudah mengambil karena meteran air tidak dipasang secara permanen, melainkan menggunakan kunci, sehingga memudahkan pencuri untuk membongkarnya," ujar Bedong sapaanya.

Dikenal Kondusif, Kota Batu Siap Jadi Tuan Rumah Musyawarah Daerah BAMAG se-Jatim

Pihaknya juga melakukan beberapa langkah pencegahan, termasuk menghimbau pelanggan untuk memasang kotak pelindung meteran dan gembok sebagai langkah keamanan tambahan. Namun, Bedong mengakui bahwa banyak pelanggan yang enggan memasang perangkat tersebut karena dianggap memakan tempat.

"Kami sering memberikan himbauan kepada pelanggan untuk berhati-hati dan menjaga meteran air mereka. Himbauan ini kami lakukan secara berkelanjutan, dan saat ini karena marak kembali tentu akan kami intensifkan lagi," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title