3 Prajurit Penerbang Super Tucano Dimakamkan di TMP Suropati Malang

Pemakaman 3 prajurit TNI di TMP Suropati, Malang.
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVA – 3 dari 4 prajurit yang gugur dalam insiden pesawat Super Tucano yang jatuh di Kabupaten Pasuruan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Suropati, Kota Malang, pada Jumat, 17 November 2023. 

Melihat Gelaran Car Meet Up 2024 Pertama Kali di Pasuruan

Mereka adalah Letkol Pnb Sandhra Gunawan, Kolonel Adm Widiono Hadiwijaya, dan Kolonel Pnb Subhan

Upacara penghormatan untuk ketiga jenazah akan dilakukan dengan tembakan salvo di TMP Suropati. Sedangkan, jenazah Mayor Pnb Yuda A Seta akan dimakamkan di TMP Madiun sesuai permintaan keluarga. 

PKB Jombang Optimistis Usung Kades di Pilkada Jombang 2024, Wakilnya Bisa dari Kalangan Nahdliyin

Sebelumnya, 4 jenazah prajurit TNI Angkatan Udara ini disemayamkan di Skadron Udara 21 Lanud Abdul Rachman Saleh pada Kamis, 16 November 2023 sebelum dimakamkan di TMP Suropati Malang, dan Madiun pada Jumat siang. 

"Saya atas nama negara dan tentara nasional Indonesia, dengan ini mempersembahkan kepada Persada Ibu Pertiwi, jiwa raga dan jasa-jasa almarhum. Yang telah meninggal dunia ini demi kepentingan dan keluhuran negara dan bangsa pada 16 November 2023, karena tugas," kata Inspektur upacara dalam pemakaman 3 prajurit. 

Antusiasnya Ratusan Anak Ikut Lomba Menggambar dan Berhitung PPLIPI Pasuruan

Sementara itu, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispen AU) Marsma TNI R. Agung Sasongkojati mengatakan bahwa kepergian 4 prajurit TNI menjadi duka bagi seluruh bangsa Indonesia. 

"Untuk ketiga jenazah yang akan dimakamkan di TMP Malang ini yaitu Kolonel Pnb Subhan, Kolonel Adm Widiono dan Letkol Pnb Sandhra Gunawan. Sedangkan yang dimakamkan di TMP Madiun adalah Mayor Pnb Yuda A. Seta. Suasana berduka, kita semua berduka, mereka adalah putra putri terbaik bangsa," ujar Agung.