Pasca Insiden Pesawat Super Tucano Jatuh, Prabowo Langsung Lakukan Evaluasi

Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto.
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVA – 4 Perwira menengah TNI Angkatan Udara gugur dalam insiden pesawat Super Tucano jatuh di Pegunungan Tengger Kabupaten Pasuruan, pada Kamis, 16 November 2023. Kecelakaan ini mengagetkan semua pihak termasuk kementerian pertahanan. 

Bekas Super Market di Kota Pasuruan Bakal Disulap Jadi Rest Area Bernuansa Arafah

Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto mengakui sektor pertahanan negara penuh dengan resiko. Seluruh prajurit harus realistis dalam melakukan latihan. Namun, semua yang dilakukan tetap mengandung bahaya. 

"Memang pertahanan itu penuh dengan resiko. Latihan itu harus realistis tapi mengandung bahaya di laut, di hutan, di gunung, di darat, di rawa itulah resikonya," kata Prabowo di Malang, Sabtu, 18 November 2023. 

Turnamen Catur di Jombang, Klub Catur Pionmas Borong Juara

Prabowo mengaku terkejut saat pertama kali mendengar kabar 2 pesawat Super Tucano TT-3103 dan TT-3111 jatuh. Dia mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas peristiwa ini. 

"Mereka prajurit kita. Saya tentunya terkejut dan berbela sungkawa dengan anak-anak kita yang telah berkorban. Saya rencana juga mau kesana (Lanud Abdul Rachman Saleh) menengok keluarganya," ujar Prabowo. 

Pemkot Pasuruan Remikan Gedung PLUT-KUMKM Dorong Kemajuan UMKM

2 pesawat yang jatuh di Kabupaten Pasuruan merupakan pesawat tempur ringan milik TNI AU. Pesawat ini dibeli dari Brasil pada 2012 silam untuk memperkuat pertahanan udara Skuadron Udara 21 Pangkalan Udara Abdul Rachman Saleh, Malang.

Prabowo pasca peristiwa ini akan melakukan evaluasi. Sebab, pesawat ini tergolong baru. Jika dilihat dari usianya seharusnya pesawat ini masih layak untuk diterbangkan. 

Halaman Selanjutnya
img_title