Penyebab Jemaah Haji Asal Kota Malang Meninggal di Arab Saudi

Petugas kesehatan merawat jemaah haji Indonesia yang sakit.
Sumber :
  • MCH 2023 | Lutfi Dwi Pujiastuti

Malang, VIVA Humas Kemenag Kota Malang, Mohammad Nur Hidayah mengungkapkan, bahwa 3 jemaah haji asal Kota Malang meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji. Mereka tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 70 dan 71.

Mantan Wabup Pasuruan Diantar Para Ulama Daftar Cabup ke Kantor DPC PKB

"Ada tiga orang jemaah haji dari Kota Malang yang meninggal dunia. Satu orang di kloter 71, dua orang di kloter 70," kata Nur Hidayah, Rabu, 12 Juli 2023.

Masing-masing 3 jemaah yang meninggal dunia adalah Sudirman berusia 63 tahun. Jemaah haji kloter SUB-70 ini meninggal dunia di Masjidil Haram pada Kamis, 6 Juli 2023. 

Aksi Buruh Di Kota Malang Juga Suarakan Tragedi Kanjuruhan

Kedua adalah Kartini berusia 67 tahun meninggal dunia di Rumah Sakit King Faishal pada Sabtu 8 Juli 2023. Dia jemaah haji kloter SUB-70. 

Dan yang ketiga adalah Musa Abdur Rochim bin Faizun Ngaderi berusia 88 tahun dari Kloter 71. Penyebab ketiga orang jemaah haji asal Kota Malang meninggal dunia karena kondisi kesehatan menurun selama di Arab Saudi

Peringatan Hari Buruh di Kota Malang Diwarnai Aksi 'Mberot'

"Rata-rata karena lansia ada satu yang di bawah 63 tahun, tapi memang ada penyakit bawaan yang dibawa oleh para lansia ini seperti yang dikloter 70 yang berusia 63 tahun memiliki penyakit jantung," ujarnya. 

Dia mengungkapkan, bahwa banyak jemaah haji yang mengalami penurunan kondisi kesehatan pasca ibadah haji di Armuzna (Arafah, Muzdalifah dan Mina). Penyebabnya, cuaca sangat panas. Disisi lain, aktifitas selama di Armuzna cukup menguras energi. 

Halaman Selanjutnya
img_title