Tumbuhkan Literasi, Mahasiswa Binus University Donasikan Buku di Sekolah Pinggiran Malang

Mahasiswa Binus University Malang saat sosialisasi literasi ke pelajar
Sumber :
  • VIVA Malang - Uki Rama

Malang, VIVA – Sekelompok mahasiswa Fakultas Public Relations Binus University Malang menggelar aksi literasi di sekolah pinggiran di MTs Mambaul Ulum di Desa Tirtomoyo, Kabupaten Malang pada Jumat, 24 Mei 2024. Mereka mendonasikan buku kepada pelajar di sana dan masyarakat sekitar.

Kegiatan bertajuk 'Literasiya' ini dipusatkan di dua tempat, antara lain di MTs Mambaul Ulum dan di kantor Desa Tirtomoyo. Aksi ini ditujukan untuk menumbuhkan minat literasi anak muda sejak usia dini, khususnya sejak di bangku SMP.
 
Dalam momen bertemu para siswa, selain mereka menekankan pentingnya literasi, mahasiswa Binus University juga mengajak siswa bermain edukasi. Alhasil, suasana kelas siang itu tampak meriah dan menyenangkan. 
 
Koordinator Kegiatan Literasiya, Graviella Airen Selvi Tanatti menerangkan jika program ini dilakukan untuk membangkitkan kembali semangat generasi muda untuk membaca. Terlebih di era teknologi informasi seperti saat ini.
 
''Kami harap mereka ini menjadi kader literasi untuk menggerakkan siswa lain untuk juga membaca buku. Dengan literasi yang baik ini mendukung kualitas pertumbuhan pribadi anak,'' jelas Airen.
 
Airen menjelaskan program ini digagas selama dua bulan sejak April hingga Mei 2024. Sebelumnya, mereka menggalang donasi buku dari pihak kampus hingga masyarakat sekitar. Ia menjelaskan ini bagian dari program mata kuliah mereka.
 
''Tapi kami memilih event yang bersifat pendidikan daripada hiburan. Tujuan kami memang untuk meningkatkan SDG's Education Quality,''' paparnya.
 
Hadiri Gebyar Al Kautsar, Wawali Mas Adi Dorong Pacu Kreativitas Anak demi Indonesia Emas 2045

Mahasiswa Binus University Malang saat sosialisasi literasi ke pelajar

Photo :
  • VIVA Malang - Uki Rama
 
ia berharap tingkat literasi di Kota Malang bisa tumbuh subur di era media sosial hari ini. Terkadang siswa hanya terjebak dengan unsur hiburan di media sosial. Tentunya dengan latar belakang literasi yang baik dapat meningkatkan kualitas pribadi siswa.
 
''Dengan begini, awareness mereka tentang apa yang baik dan buruk dapat terbentuk. Tidak masalah sebenarnya bergerak di dunia konten kreator, tapi kan setidaknya diimbangi dengan edukasi yang baik. Supaya mereka ini paham peran mereka terhadap bangsa dan negara,'' papar mahasiswa semester 4 ini.
 
Sementara itu, Kepala Sekolah MTs Mambaul Ulum, Andi Budiawan mengapresiasi program yang diinisiasi mahasiswa Binus University ini. Dengan begitu, siswa dapat memahami pentingnya literasi dan minat baca di era serba digital ini. 
 
''Program teman-teman ini kami rasa sangat membantu sebagai edukasi tambahan bagi anak-anak. Selain itu kan edukasinya bersifat fun, tidak seperti materi dari sekolah yang baku. Anak-anak mungkin bisa cepat paham,'' ungkapnya.