Imbauan Pj Wali Kota Malang, Studi Tur Sebaiknya di Malang Raya Saja

Penjabat Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat saat di MCC
Sumber :
  • VIVA Malang / Uki Rama

Malang, VIVA – Tingginya angka kecelakaan rombongan pelajar saat studi tur membuat Penjabat Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat prihatin. Dia pun mengimbau sebaiknya studi tur dilakukan di wilayah Malang Raya saja. 

Danamon Bagikan Literasi Keuangan kepada Mahasiswa Universitas Brawijaya

Apalagi Malang Raya yang terdiri dari Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu juga memiliki ragam destinasi wisata. Mulai alam hingga buatan. Dia pun mengingatkan sekolah untuk senatiasa berhati-hati dalam perjalanan studi tur. 

"Saya berharap kalau bisa tidak ada studi tur yang terlalu jauh-jauh. Nikmati saja objek-objek wisata yang ada di Malang Raya ini. Tidak kalah dengan daerah-daerah lain," kata Wahyu, Kamis, 23 Mei 2024. 

Jemaah Ibadurrahman Di Jombang, Salat Idul Adha Lebih Awal dari Pemerintah

Wahyu menyebut, imbauan studi tur cukup di Malang Raya saja tidak lain untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Dia menyebut studi tur memang perlu, namun jika bisa dilakukan di Malang Raya maka tidak perlu ke luar daerah.

"Memang perlu ada studi tur. Tapi kan harusnya tidak terlalu jauh-jauh. Karena di wilayah Malang Raya sendiri sudah banyak (destinasi wisata). Kalau jauh-jauh tentu banyak tahapan-tahapan yang harus dilakukan," ujar Wahyu. 

Momen Idul Adha, Perajin Pisau di Jombang Ramai Pesanan

Wahyu telah meminta kepada Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) untuk melakukan sosialisasi kepada seluruh sekolah di Kota Malang terkait teknis pelaksanaan studi tur. Pihak sekolah kini harus izin ke Disdikbud, dan Dishub sebelum melakukan studi tur. 

"Kemarin kita sudah mengumpulkan, saya minta pak Kadis Pendidikan dan Kadishub untuk mengumpulkan semua kepala sekolah untuk bisa mengingatkan SD, SMP agar apabila akan melakukan studi tur, ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan," tutur Wahyu. 

Halaman Selanjutnya
img_title