Skripsi Bukan Lagi Syarat Wajib Kelulusan ini Respon Sejumlah Perguruan Tinggi di Malang

Universitas Brawijaya Malang
Sumber :
  • Viva Malang

Malang, VIVA – Sejumlah Perguruan Tinggi di Kota Malang merespon baik Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) No 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Peraturan terbaru ini diluncurkan Mendikbudristek Nadiem Makarim dalam Merdeka Belajar Episode 26: Transformasi Standar Nasional dan Akreditasi Pendidikan Tinggi.

LPBH PBNU Bakal Lapor Polda Jatim atas Dugaan Pelanggaran Pengadaan Lahan Kampus UNISMA

Dalam aturan itu, berisikan standar kelulusan bagi mahasiswa S1 atau D4 atau sarjana terapan, yang mana skripsi bukan lagi syarat utama kelulusan. 

Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Brawijaya (UB), Prof. Dr. Ir. Imam Santoso MP mengatakan, aturan baru ini memberikan ruang yang lebih luas untuk menentukan bentuk tugas akhir yang paling sesuai untuk masing-masing program studi.

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

"Karena itu, melalui Permendikbudristek No.53 disampaikan, bahwa sejumlah pilihan bentuk tugas akhir selain skripsi yakni, prototipe, proyek studi, atau bentuk lainnya, yang dianggap paling tepat untuk setiap program studi," kata Imam Santoso. 

Imam mengatakan, di Universitas Brawijaya, kebijakan tugas akhir diserahkan kepada masing-masing fakultas. Bahkan, dibeberapa fakultas, bentuk tugas akhir dapat berupa rekognisi terhadap prestasi kompetisi ilmiah, lalu berupa magang, karya kewirausahaan, termasuk juga skripsi. 

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

"Tentu, dengan adanya Permendikbud No.53 Tahun 2023 ini, kita akan melakukan pembahasan dan perumusan rencana tindak lanjut pelaksanaan tugas akhir dengan berbagai skema atau bentuk yang sesuai. Sehingga memenuhi capaian kompetensi lulusan setiap program studi," ujar Imam. 

Imam mengatakan, penyelesaian tugas akhir sebagai pengganti skripsi adalah beberapa pilihan yang telah ditentukan oleh sejumlah fakultas. Nantinya, diimplementasikan sesuai dengan program studinya. Implementasi beragam bentuk tugas akhir ini ditujukan pada pencapaian kompetensi lulusan program studi.

Halaman Selanjutnya
img_title