Indeks Pembangunan Manusia Kota Pasuruan Terus Naik Capai 78,30

Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo saat upacara Hardiknas
Sumber :
  • VIVA Malang (Mochamad Rois/Pasuruan)

Pasuruan, VIVA – Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo alias Mas Adi memimpin upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024. Upacara Harkdinas ini dilaksanakan di halaman depan kantor BKD Kota Pasuruan, Kamis, 2 Mei 2024 lalu. 

Motif Kesal dan Isu PHK Jadi Pemicu Seorang Satpam Bakar Perusahaan Tas Kaboki

Mas Adi juga menyampaikan pidato pesan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Makarim. Dalam pesan yang disampaikan bahwa hari ini, Pendidikan di Indonesia sudah terlihat perubahannya. Hal ini disebabkan dengan adanya gerakan Merdeka Belajar yang digagas oleh Nadiem.

“Kita sudah mendengar lagi anak-anak Indonesia berani bermimpi karena mereka merasa merdeka saat belajar di kelas. Kita sudah melihat lagi Guru-Guru yang berani mencoba hal-hal baru karena mereka mendapatkan kepercayaan untuk mengenal dan menilai murid-muridnya," kata Mas Adi saat membacakan pidato Mendikbud Ristek RI.

Pabrik Tas Rajut Kaboki Pasuruan Terbakar Hebat, Pembakar Ditangkap Polisi

Mas Adi juga menyampaikan bahwa pendidikan di Kota Pasuruan semakin baik, hal ini salah satunya dapat terlihat dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Pasuruan yang terus naik hingga capai 78,30 di tahun 2023.

"Saya ucapkan terima kasih kepada stakeholder yang sudah bersama-sama membangun Kota Pasuruan terutama para pegiat pendidikan, guru, baik dalam lingkungan formal maupun non formal yang telah bersama-sama mewujudkan Pendidikan yang layak di Kota Pasuruan," ujar Mas Adi. 

Taekwondo Piala Pj Wali Kota Malang Jadi Ajang Cari Bibit Atlet dan Sport Tourism

Status IPM menggambarkan level pencapaian pembangunan manusia di Indonesia dalam suatu periode. Semakin tinggi status IPM menunjukkan capaian pembangunan manusia yang lebih baik. Status IPM dibagi menjadi empat kategori yaitu, sangat tinggi (IPM≥80), tinggi (IPM 70-79), sedang (IPM 60-69), dan rendah (IPM<60).

Peningkatan IPM yang dialami Kota Pasuruan membuat Mas Adi berharap adanya perubahan dan akselerasi yang cepat dalam dunia pendidikan, namun juga harus diikuti oleh infrastruktur pendidikan. Seperti, bagaimana kualitas dan kesejateraan guru.

Halaman Selanjutnya
img_title