Misi Tim Mekatronic UMM di Shell Eco Marathon Mandalika 2023

Tim UMM bakal tampil di Shell Eco Marathon Asia Pasifik 2023.
Sumber :
  • Humas UMM

Malang, VIVA Tim LSO Mekatronic, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengirimkan dua timnya untuk memperebutkan gelar juara di ajang internasional, Shell Eco Marathon Asia Pasifik 2023. Mereka akan berlaga di kelas urban listrik dan proto gasoline. 

Turnamen Catur di Jombang, Klub Catur Pionmas Borong Juara

Tim yang dikirim berasal dari mahasiswa Prodi Teknik Mesin. Mereka akan beraga di ajang yang digelar di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ajang ini diikuti lebih dari 80 tim dari 14 negara se-Asia Pasifik.

Ketua tim urban listrik, Evita Leninda mengatakan bahwa kedua tim yang berangkat sudah siap 98 persen untuk berlaga di Mandalika. Riset dan latihan dilakukan hampir tiap hari untuk menyiapkan segalanya. 

Pemkot Pasuruan Remikan Gedung PLUT-KUMKM Dorong Kemajuan UMKM

“Satu kendala yang sempat dihadapi adalah aspek mesin yang sudah kami atasi. Bagaimana bisa mengerahkan tenaga yang besar namun dengan energi yang minimum. Besar harapan kami bisa menyabet juara pertama di kejuaraan ini,” kata Evita, Rabu, 28 Juni 2023. 

Pembina LSO Mekatronic UMM Mohammad Jufri menuturkan, tim UMM telah mempersiapkan secara matang Bukan hanya mobilnya saja, tapi juga pengemudi yang sudah familiar dengan mesin terkait. 

Momen Haul Mbah Slagah Kota Pasuruan Dipadati Ribuan Jemaah

Adapun pembuatan dua mobil tersebut memakan waktu sekitar enam bulan. Menariknya, mereka juga banyak mendapatkan sponsor untuk kebutuhan komponen dan rangka mobil dari banyak pihak. Ia menjelaskan, pada ajang kali ini mobil Mekatronic UMM harus menempuh jarak 12 kilometer dalam waktu 27 menit. 

“Karena lomba ini dinilai dari iritnya bahan bakar, maka ada target hemat bahan bakar yang harus dicapai. Dari latihan yang sering dilakukan, kedua mobil sudah mencapai target hematnya. Mobil urban listrik capaian hematnya yaitu 200 km/kwh dan untuk mobil proto gasoline capaian hematnya yakni 1000 km/l,” ujar Jufri.

Halaman Selanjutnya
img_title