Polres Batu Gerebek Rumah Produksi Miras, Ratusan Botol dan Alat Produksi Diamankan

Kapolres AKBP Andi Yudha Pranata memimpin pers rilis di Mapolres Batu.
Sumber :
  • VIVA Malang / Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Batu berhasil mengungkap dan mengamankan ratusan botol minuman keras (miras) ilegal yang diproduksi di sebuah rumah di Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu

Minim SDM Kendala Utama Pengelolaan di TPA Tlekung Kota Batu

Penindakan ini dilakukan pada Jumat 2 Agustus 2024 sekitar pukul 14.30 WIB setelah melalui proses penyelidikan intensif.

Kapolres Batu, AKBP Andi Yudha Pranata, menjelaskan dalam operasi ini pihaknya berhasil mengamankan 255 jenis minuman beralkohol dengan berbagai ukuran, yang terdiri dari 145 botol berkapasitas 4,5 liter, 57 botol berukuran 750 mililiter, dan 60 galon berukuran 18 liter.

Retribusi Parkir Pasar Induk Among Tani Batu Lebihi Target, Capai Rp2,294 Miliar

"Minuman-minuman tersebut diduga memiliki kandungan alkohol hingga 27 persen, jauh melampaui batas yang diizinkan untuk dijual bebas. Penyidikan dan penggerebekan di rumah tersebut merupakan hasil dari follow-up penyelidikan Satnarkoba yang telah berlangsung cukup lama," jelasnya saat rilis di Mapolres Batu, Selasa 20 Agustus 2024.

Kapolres menambahkan, bahwa pelaku utama, yang berinisial PA, diduga telah memulai aktivitas produksi dan penjualan minuman keras ilegal ini sejak tahun 2017. Dalam proses produksi, minuman tersebut membutuhkan waktu fermentasi yang panjang sebelum siap dijual. 

Dikenal Kondusif, Kota Batu Siap Jadi Tuan Rumah Musyawarah Daerah BAMAG se-Jatim

"Kami masih melakukan uji lebih lanjut terhadap produk ini untuk memastikan komposisinya. Selain ratusan botol miras, petugas juga mengamankan berbagai peralatan yang digunakan untuk memproduksi minuman keras tersebut," ujarnya.

Peralatan tersebut meliputi mesin destilasi, mesin pengering, alat daur ulang plastik, gelas ukur, dan alkohol meter yang berfungsi untuk mengukur kadar alkohol dalam minuman.

Halaman Selanjutnya
img_title