Misteri Pelaku Pembunuhan Mahasiswi UM Akhirnya Diungkap Polisi

Polisi menangkap HAP pelaku pembunuhan mahasiswi UM
Sumber :
  • VIVA Malang / Uki Rama

Malang, VIVA – Satreskrim Polresta Malang Kota akhirnya berhasil mengungkap kasus pembunuhan mahasiswi Universitas Negeri Malang (UM) berinisial DAL yang terjadi pada 22 Desember 2022 silam. Pelaku pembunuhan adalah HAP alias Zombie (19 tahun). 

Setelah Demokrat dan Golkar, Kini Giliran PAN Usung Mas Gum Maju Wali Kota Batu

Korban sendiri merupakan warga Ngawi yang ditemukan tewas bersimbah darah di kamar kosnya yang terletak di Jalan Bendungan Sutami, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Korban saat itu ditemukan tewas oleh teman satu kosnya. 

"Dari hasil persesuaian antara keterangan saksi, rekaman CCTV dan alat bukti, kami akhirnya mengamankan satu orang tersangka dalam kasus pencurian dengan kekerasan, serta satu penadah hasil curian," kata Kasat Reskrim Polresta Malang Kota, Kompol Danang Yudanto, Selasa, 14 Mei 2024. 

Material Bekas Jalan Nasional Dijadikan Bahan Dasar Pengurukan Gudang di Jombang

Danang menceritakan latar belakang dan kronologis pembunuhan ini berawal saat pelaku datang ke rumah temannya RE dan EC dengan membawa minuman keras. Kemudian pada pukul 13.00 HA pamit untuk membeli rokok. Namun, aih-alih beli rokok, HA berjalan justru menuju TKP rumah kos yang jaraknya dekat dengan rumah temannya ini. 

"Pelaku sudah mengenal kondisi kos, karena tersangka ini adalah cucu pemilik kos. Pelaku kemudian naik ke lantai dua untuk mengambil pisau di dapur, kemudian turun lagi ke lantai satu untuk membuka kamar nomor 6 namun terkunci, akhirnya pelaku membuka kamar nomor 4 yang tidak terkunci dan masuk," ujar Danang. 

Setelah itu, pelaku masuk kamar kos dan melihat korban sedang tertidur, pelaku berniat mengambil HP korban. Namun aksinya diketahui oleh korban yang saat itu terbangun. Karena ketahuan, pelaku menusuk dada korban hingga meninggal dunia. 

“Setelah membunuh dan mengambil HP korban, pelaku mencuci pisau dan mengembalikannya ke dapur lantai dua. Sebelum meninggalkan TKP, pelaku juga merusak CCTV kos dan membuang di gerobak sampah di sekitar tempat kejadian," tutur Danang. 

Halaman Selanjutnya
img_title