Kisah Tanduria Hasilkan Omzet Jutaan Rupiah Lewat Penjualan Toko Online

Tokopedia dukung Tanduria Ciptakan Bisnis Lewat Teknologi
Sumber :
  • VIVA Malang / Uki Rama

Malang, VIVA – Salah satu UMKM di Malang, Tanduria mampu meraup omzet hingga Rp75 juta per bulan lewat pertanian berkelanjutan bersama 4.000 petani urban yang mayoritas adalah milenial. Mereka menjual berbagai kebutuhan pertanian dengan semangat memulai berkebun secara berkelanjutan dan ramah lingkungan, cukup dari rumah. 

Belanja Sayur di Pasar Pandaan, Emil Dardak Dicurhati Pedagang

Omzet sebesar itu mereka dapat karena rutin memanfaatkan platform Tokopedia dan ShopTokopedia untuk memasarkan sekaligus mengedukasi masyarakat terkait pentingnya menjaga ketahanan pangan lewat urban farming. 

"Saat ini, Tanduria telah membantu lebih dari 4.000 petani urban dalam mewujudkan ketahanan pangan. Para petani urban ini tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari Malang, Surabaya, wilayah Jabodetabek, Medan dan masih banyak lagi," kata Founder Tanduria, Habib Thabrani, Rabu, 5 Juni 2024. 

Pasar Murah Pemkot Batu Beri Kemudahan Warga Jangkau Kebutuhan Pokok

Tanduria memanfaatkan Tokopedia dan ShopTokopedia untuk menjangkau masyarakat dan petani di seluruh Indonesia. 

“Hasilnya, Tanduria dapat memperoleh omzet hingga Rp75 juta setiap bulan lewat Tokopedia dan ShopTokopedia. Bahkan, saat mengikuti kampanye Beli Lokal, Tanduria mencatat kenaikan penjualan hingga 3 kali lipat dibandingkan sebelum bergabung dengan kampanye tersebut,” ujar Habib.

Pasuruan Segera Miliki Pj Bupati Baru

Di sisi lain, Tanduria juga memanfaatkan TikTok sebagai platform video singkat untuk membagikan tips-tips berkebun bagi masyarakat. Mereka sering membagikan tips dan edukasi berkebun bagi masyarakat melalui video pendek di TikTok.

"Seperti tips merawat tanaman di musim kemarau, teknik mencangkul, informasi media tanam, dan banyak info edukasi lainnya,” tutur Habib.

Halaman Selanjutnya
img_title