Kambing Etawa di Jombang jadi Primadona Untuk Berkurban

Peternak kambing etawa di Jombang.
Sumber :
  • VIVA Malang (Elok Apriyanto/Jombang)

Jombang, VIVA – Momen hari raya Idul Adha menjadi berkah tersendiri bagi para peternak kambing etawa di Jombang, Jawa Timur. 

Setelah Demokrat dan Golkar, Kini Giliran PAN Usung Mas Gum Maju Wali Kota Batu

Pasalnya, kambing jenis ini memiliki daging yang tebal dan dianggap memiliki bobot lebih ketimbang kambing lainnya untuk berkurban. 

Kondisi ini membuat Eka Yunita (28 tahun) peternak kambing etawa di Desa Pojok Kulon, Kecamatan Kesamben, kebanjiran order hingga jutaan rupiah. Eka mengaku memiliki puluhan ekor kambing etawa, yang diternak di belakang rumahnya. Di momen idul kurban tahun ini, ia sudah menjual belasan ekor kambing etawa.

Material Bekas Jalan Nasional Dijadikan Bahan Dasar Pengurukan Gudang di Jombang

"Alhamdulillah menjelang hari raya ini kita mengalami peningkatan yang cukup drastis mas. Yang mulanya kita stok 43 ekor yang laku per hari ini sudah 12 sampai 15 kambing," kata Eka, Sabtu, 1 Juni 2024.

Ia menegaskan dari puluhan kambing etawa, Eka mengaku ada beberapa jenis kambing yang ia pelihara di kandangnya. Ia menegaskan kambing etawa memang digemari oleh para pelanggan. Karena kambing ini memiliki kualitas daging yang bagus.

"Kita punya 3 jenis mas, pertama etawa, domba dan bod. Cuma yang jadi favoritnya konsumen pelanggan kami itu yang jenis etawa. Ya mungkin karena lebih menarik dan lebih besar dan pulen juga," ujar Eka. 

Ia mengaku dari hasil ternak kambing etawa untuk kurban ini, ia mampu menghasilkan cuan jutaan rupiah. Karena harga kambing yang ia jual beragam. Namun tetap terjangkau di masyarakat.

Halaman Selanjutnya
img_title