Manfaatkan Toko Online Penjualan Sarang Maduku Capai Rp2 Miliar

Andoni Pridatama dan Nuraini Razak.
Sumber :
  • VIVA Malang / Uki Rama

Malang, VIVA Sarang Maduku salah satu UMKM asal Malang mengembangkan usahanya, dengan membuka toko online di Tokopedia dan ShopTokopedia termasuk pada aplikasi TikTok. Tidak main-main omzet yang dia raih per Rp2 miliar per tahun. 

Wajah 6 Pemain Lokal Baru Arema FC

“Berkat Tokopedia dan ShopTokopedia, Sarang Maduku bisa memperoleh omzet hingga Rp2 miliar per tahun. Bahkan saat mengikuti kampanye Waktu Indonesia Belanja (WIB), kenaikan penjualan Sarang Maduku bisa mencapai hingga 3 kali lipat dibandingkan sebelum bergabung kampanye tersebut. Melihat dampak yang positif tersebut, Sarang Maduku juga mengikuti promo Guncang 6.6,” kata owner Sarang Maduku Andoni Pridatama, Selasa, 4 Juni 2024. 

UMKM Sarang Maduku, sendiri memberdayakan 120 peternak lebah dan hadirkan varian madu murni dari seluruh Indonesia lewat Tokopedia dan ShopTokopedia. Bisnis ini didirikan oleh Andoni Pridatama sejak tahun 2020. Andoni termotivasi untuk mendirikan Sarang Maduku karena ingin memberdayakan komunitas peternak lebah di Indonesia.

Alasan Tirta Kanjuruhan Ekspansi ke Tugu Tirta Karena Minim Pengembangan SDM

“Sebelum memutuskan berwirausaha, saya bekerja sebagai karyawan bank. Hingga suatu saat, saya memberanikan diri keluar dari zona nyaman dan membuka usaha madu setelah berkunjung ke peternakan lebah. Di sana saya bertemu dan mendengar keluh kesah peternak lebah terkait produksi madu dan pendapatan yang tidak stabil karena belum memiliki kerja sama dengan pelaku usaha. Sejak saat itu, saya mulai merintis usaha Sarang Maduku ini,” ujar Andoni.

Melihat peluang bisnis yang baik sekaligus bisa memberdayakan komunitas peternak lebah, Doni menggandeng para peternak lebah lewat Sarang Maduku. 

Target Joel Cornelli Bersama Arema FC

“Hingga kini kami telah bekerja sama dengan 120 peternak lebah lokal dari wilayah Malang, Kediri, Pati, Sumatra dan beberapa wilayah lainnya untuk mendapatkan madu berkualitas tinggi. Kini Sarang Maduku memiliki lebih dari 30 varian madu dengan karakteristik, rasa, serta manfaat yang beragam,” tutur Andoni.

Sementara itu, Tokopedia dan ShopTokopedia terus berupaya mendukung para pelaku usaha, termasuk UMKM lokal di Malang dan Jawa Timur, agar punya kesempatan yang sama untuk menciptakan peluang bisnis lewat pemanfaatan teknologi.

Halaman Selanjutnya
img_title