Kuota BBM Subsidi Bakal Habis Sebelum Akhir Tahun 2022

Kuota BBM Subsidi Bakal Habis Sebelum Akhir Tahun 2022
Sumber :
  • google/suara.com

Malang – Sebelum akhir tahun 2022, kuota bahan bakar minyak (BBM) subsidi akan habis. Untuk itu, pemerintah diminta untuk segera mengambil tindakan dengan melakukan penyaluran BBM subsidi agar lebih tepat sasaran dan tidak terjadi kegaduhan. 

Dukung Persiapan Arus Mudik Lebaran, Polisi dan TNI di Jombang Sidak SPBU

Direktur Eksekutif Reforminer Institute, Komaidi Notonegoro, mengatakan, prediksi habisnya kuota BBM bersubsidi, terutama pada Pertalite memang wajar terjadi. Peningkatan konsumsi Pertalite tahun ini seiring dengan hilangnya Premium dari pasaran. 

Berdasarkan kalkulasi yang dilakukan Reforminer Institute, kebutuhan normal Premium adalah kisaran 28-30 juta Kiloliter (KL). Hal tersebut karena sebelum adanya program penghapusan Premium konsumsi Pertalite sudah 22 juta KL. Sementara, konsumsi Premium Status terakhir sekitar 6-8 juta KL.

Usai Dipecundangi Persebaya, Widodo : Kecewa Secukupnya Tatap Laga Selanjutnya

"Jadi wajar kalo 23 juta Kl maksimal hanya sampai Agustus atau September 2022 karena itu menjadi penting agar ada pengaturan tepat sasaran," kata Komaidi.

Jika memang pengaturan tepat sasaran tersebut tidak dilakukan, lanjut Komaidi, pemerintah harus bergerak cepat memastikan ketersediaan kuota BBM. Namun itu tentu tidak mudah lantaran masih harus dibicarakan lagi dengan berbagai pihak terutama parlemen. 

Motivasi dari Widodo C Putro untuk Pemain Arema FC Usai Tumbang Dari Persebaya

"Kalau tidak mau ada pengaturan sederhana pemerintah tambah kuota. Sebagai pemerintah saya kira kondisinya tidak mudah," ungkap Komaidi. 

Menurut dia, apa yang sudah dilakukan Pertamina selama ini dengan aplikasi MyPertamina secara paralel adalah upaya maksimal perusahaan agar kuota 23 juta KL tidak terlampaui.  

Halaman Selanjutnya
img_title