Kisah Cak Nur, Mantan Penyapu Hotel hingga Pekerja Honorer Kini Menatap Balai Kota

Nurochman saat menyapa para simpatisan pendukungnya
Sumber :
  • VIVA Malang (Galih Rakasiwi)

Batu, VIVA – Nurochman, atau akrab disapa Cak Nur, merupakan sosok yang patut diperhitungkan dalam Pilkada 2024 Kota Batu

Paslon Cak Nur-Mas Heli Bakal Bikin Jumat Berkah Lebih Luas di Kota Batu

Dengan latar belakang yang sederhana, mantan pekerja honorer di Pemerintah Kota (Pemkot) Batu itu, kini menatap kursi wali kota, berpasangan dengan Heli Suyanto politisi Partai Gerindra. 

Perjalanan politik Cak Nur sampai menjadi sosok yang diperhitungkan sebagai calon pemimpin Kota Batu dilalui penuh tantangan dan tidak mudah, membuktikan bahwa kepemimpinan tidak selalu harus lahir dari kalangan elit. 

Mas Gum : Bakal Calon Wali Kota Batu yang Tajir dan Berpendidikan Tinggi

Dedikasi, kerja keras, dan integritas membuatnya mampu menatap Balai Kota dengan penuh percaya diri. Pria berusia 55 tahun asal Desa Sumberejo ini memulai karirnya dari bawah.

Saat berada di kediamannya, Cak Nur sempat menceritakan kisahnya dimulai pada tahun 1995 sampai 2004 ketika ia bekerja sebagai tukang sapu area luar kamar, room boy, front office bagian resepsionis hingga terpilih sebagai ketua serikat pekerja di Hotel Victory Batu. 

Meriahnya Nobar Timnas Bersama Cak Nur di Dadapan Pandanrejo

Namun, semangatnya untuk mencari peluang baru tidak berhenti di sana. Pada tahun 2004, Cak Nur beralih profesi menjadi seorang wirausahawan kecil-kecilan.

Ia mengelola sayuran organik selama setahun, sebelum kemudian beralih ke budidaya jamur tiram putih dari 2005 hingga 2007.

Halaman Selanjutnya
img_title