Pasca Dilantik Anggota DPRD Jombang Ramai-ramai Titipkan SK ke Bank

Pelantikan anggota DPRD Jombang.
Sumber :
  • VIVA Malang (Elok Apriyanto)

Jombang, VIVA – Pasca dilantik sebagai anggota DPRD Jombang, Jawa Timur, beberapa wakil rakyat terpilih Pemilihan Legislatif 2024, ramai-ramai mendatangi bank.

RSUD Jombang Benarkan Rawat Pria Gelandangan yang Viral di Medsos

Mereka menitipkan atau menjadikan aguna surat keputusan (SK), tersebut untuk menutupi biaya kampanye yang dikeluarkan saat mencalonkan menjadi anggota legislatif. Hal ini dikarenakan biaya politik memang tidak murah. 

Nilai yang dipinjam cukup fantastis yakni ratusan hingga miliaran rupiah. Proses ini, dilakukan setelah anggota dewan ini menerima SK, sebagian sudah berkomunikasi dengan perbankan yang bekerjasama dengan Sekretaris DPRD Jombang Bank Jatim dan PT BPR Bank Jombang

Viral di Medsos, Pria Berstatus T4 asal Jombang Diduga Dibuang di Kediri

Ketua DPRD Jombang Sementara Mas’ud Zuremi tak menampik, biaya politik itu memanglah besar. Sehingga banyak anggota DPRD yang menggadaikan SK. 

"Cost (biaya) politik juga besar. Tapi itu sudah menjadi urusan pribadi masing-masing," kata Mas'ud, Kamis 5 September 2024.

Tolak Anggapan Pertarungan Kiai dan Bu Nyai di Pilkada, PCNU Jombang : Mereka Politisi

Ia pun menjelaskan setelah dilantik dan SK diturunkan, bukan menjadi rahasia lagi. Para anggota DPRD mengajukan pinjaman ke bank. "Untuk jumlahnya saya tidak tahu. Karena itu urusan pribadi masing-masing," ujarnya.

Sementara itu, M Syarif Hidayatullah atau Gus Sentot salah satu anggota DPRD Jombang tak menampik bila, SK DPRD Jombang yang baru ia terima digunakan jaminan ke bank. 

Halaman Selanjutnya
img_title