30 Anggota DPRD Terpilih Dilantik, Ketua Sementara Dijabat Kaji Bianto

Pelantikan anggota DPRD Kota Batu terpilih.
Sumber :
  • VIVA Malang / Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – 30 anggota DPRD Kota Batu terpilih periode 2024-2029 dilantik hari ini di Gedung DPRD Kota Batu, Jumat 30 Agustus 2024.

Ribuan Warga Ikuti Pengajian Akbar Gus Iqdam di Kota Batu

Selain itu juga ada 4 anggota DPRD terpilih yang maju dalam Pilkada 2024 tetap dilantik. Empat Anggota DPRD Kota Batu terpilih yang manu Pilkada adalah Nurochman (PKB), Ganisa Pratiwi Rumpoko (PDIP), Heli Suyanto (Gerindra) dan H. Rudi (PAN). 

"Mereka tetap ikut pelantikan. Pasalnya belum ada penetapan dari KPU Kota Batu sebagai Calon Kepala Daerah. Meski begitu, mereka harus membuat surat pengunduran diri ke Parpol masing-masing," kata Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Batu, Endro Wahyudi.

Komitmen Dengarkan Masyarakat Paslon Guru Open House 'Zona Sejuk' Kota Batu

Setelah nantinya ditetapkan (mengikuti jadwal.red) sebagai Calon Kepala Daerah, DPRD Kota Batu, dalam hal ini Ketua DPRD akan menindaklanjuti surat pengunduran diri dari KPU Kota Batu dan Gubernur Jatim. Untuk kemudian dilaksanakan Pergantian Antar Waktu (PAW).

"Untuk PAW sesuai aturan akan digantikan suara terbanyak dibawah Anggota DPRD terpilih yang mengundurkan diri. Lama tidaknya proses-proses tersebut tergantung dari parpol masing-masing," ujarnya. 

Muslimat dan Fatayat NU Berkontribusi Luar Biasa Terhadap Perekonomian Kota Batu

Sebelum pelantikan, diawali dengan rapat paripurna yang merupakan rapat paripurna terakhir yang dipimpin anggota DPRD Kota Batu Masa Jabatan Tahun 2019-2024. Selain itu merupakan tonggak paling awal bagi Anggota DPRD Kota Batu Jabatan Tahun 2024-2029.

"Usai dilantik, tugas dan tanggungjawab anggota DPRD yang baru sudah menanti. Salah satunya membahas Perda R-APBD Kota Batu tahun 2025,” katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title