Bawaslu Prediksi Pilkada 2024 Kota Batu Lebih Adem, Tapi Potensi Kerawanan Tetap Ada

Ketua Bawaslu Kota Batu, Supriyanto.
Sumber :
  • VIVA Malang / Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batu memprediksi bahwa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 di Kota Batu akan berlangsung lebih tenang dibandingkan dengan Pilkada Kota Batu sebelumnya.

Minim SDM Kendala Utama Pengelolaan di TPA Tlekung Kota Batu

Hal itu disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kota Batu, Supriyanto saat menggelar rilis bersama awak media di Kantor Bawaslu Kota Batu Jalan Bukit Berbunga, Sabtu 17 Agustus 2024.

Menurutnya, perbedaan utama antara Pilkada serentak dan Pilkada yang dilakukan secara mandiri adalah pada sebaran perhatian dan konsentrasi dari berbagai pihak yang terlibat.

Retribusi Parkir Pasar Induk Among Tani Batu Lebihi Target, Capai Rp2,294 Miliar

“Kita harapkan dengan Pilkada serentak ini, perhatian tidak hanya terfokus pada Kota Batu saja. Pada Pilkada sebelumnya, karena Kota Batu mengadakan Pilkada sendiri, semua energi dan kepentingan tertuju ke sini. Dengan pelaksanaan serentak, energi tersebut kini tersebar, sehingga kita harapkan pertarungan politik tidak akan seintens saat Kota Batu menggelar Pilkada sendirian," katanya.

Meski begitu dirinya mengharapkan situasi yang lebih kondusif pihaknya tetap menekankan bahwa potensi kerawanan dalam pelaksanaan Pilkada tetap ada. Menurutnya, meski perhatian tidak terfokus sepenuhnya di Kota Batu, berbagai faktor risiko masih perlu diwaspadai.

Dikenal Kondusif, Kota Batu Siap Jadi Tuan Rumah Musyawarah Daerah BAMAG se-Jatim

"Bukan berarti potensi kerawanan tidak ada, tetapi dengan kondisi Pilkada serentak, kita berharap ketegangan bisa berkurang. Tetap saja, ada potensi-potensi tertentu yang harus diantisipasi," ujarnya.

Dalam upaya mengurangi risiko, Bawaslu Kota Batu telah melakukan berbagai langkah mitigasi. Salah satunya adalah dengan menyusun Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) yang bertujuan untuk mengidentifikasi potensi yang mungkin muncul selama pelaksanaan Pilkada mendatang.

Halaman Selanjutnya
img_title