Koalisi Cek Fakta Gelar “Live Fact Checking” Debat Pilpres Pemungkas

Koalisi Cek Fakta Gelar “Live Fact Checking”
Sumber :
  • Istimewa

Malang, VIVA – Koalisi Cek Fakta yang terdiri dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Masyarakat Antifitnah Indonesia (MAFINDO), dan 16 media yang tergabung dalam koalisi menggelar “Live Fact Checkingdebat Pilpres ke-5.

Temuan Jasad di Kebun Tebu Gegerkan Warga Jombang, Diduga Lansia Setempat yang Hilang

Debat yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) itu menjadi debat pilpres pemungkas sebelum rakyat Indonesia memberikan suaranya pada 14 Februari 2024.

Tujuh ahli dari berbagai bidang dihadirkan sesuai dengan tema debat, yakni Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Melihat Gelaran Car Meet Up 2024 Pertama Kali di Pasuruan

“Live Fact Checking” yang digelar atas dukungan Google News Initiative ini sebagai bagian dari upaya koalisi untuk memeriksa klaim para kandidat agar publik mendapatkan informasi sesuai data yang akurat.

Menurut Ketua Umum AMSI, Wahyu Dhyatmika, esensi dari pelaksanaan “Live Fact Checking” di 5 sesi debat Pilpres adalah untuk memastikan publik mendapatkan informasi terpercaya untuk membuat keputusan politik di bilik suara.

PKB Jombang Optimistis Usung Kades di Pilkada Jombang 2024, Wakilnya Bisa dari Kalangan Nahdliyin

”Harapannya pemilu berjalan jujur, adil dan berjalan tanpa kecurangan dan sepenuhnya untuk mewujudkan amanat rakyat,” tegasnya.

Proses cek fakta yang dilakukan oleh AJI, AMSI, MAFINDO, dan media yang tergabung dalam koalisi salah satunya bertujuan untuk menciptakan pemilu yang kredibel dan berintegritas.

Halaman Selanjutnya
img_title