Bawaslu Klaim Masyarakat Kota BatuKurang Berani Laporkan Pelanggaran Pemilu

Rapat evaluasi Bawaslu Kota Batu
Sumber :
  • Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Partisipasi masyarakat pada Pemilu 2024 meningkat dibanding pada tahun sebelumnya. Hal itu terungkap dalam Rapat Evaluasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024 oleh Bawaslu Kota Batu di Lembah Metro, Rabu 24 April 2024.

Pedagang Pasar Pagi Mulai Berjualan di Pasar Induk Among Tani

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Sengketa Bawaslu Kota Batu, Mardiono mengatakan peningkatan tersebut dilatarbelakangi adanya pemilihan serentak presiden dan legislatif.

"Ada kenaikan angka partisipasi dari masyarakat saat Pemilu 2024. Namun yang perlu ditingkatkan dari masyarakat adalah partisipasi melakukan pelaporan pelanggaran pemilu secara langsung. Kami menilai masih rendah atau kurang greget," katanya.

Efek Pilpres, Incumbent di Pilkada Jombang Tak Lagi Diusung Partai Koalisi pada Pilkada 2018-2023

Untuk itu, Bawaslu memberikan informasi kepada masyarakat agar dalam agenda Pilkada dan Pilgub ke depan masyarakat terus berpartisipasi melakukan pengawasan.

Ini mengingat Bawaslu Kota Batu sendiri memiliki kekurangan sumber daya manusia . Sebab jumlah panwaslu tingkat kota, kecamatan, kelurahan, sampai pengawas TPS cukup terbatas.

Pemkot Pasuruan Beri Pembinaan Petugas Pemulasaraan Jenazah

"Jadi, jelas tidak mampu karena adanya keterbatasan SDM, bukan keterbatasan semangat mengawasi. Sehingga kami harap dalam Pilkada lebih maksimal dan optimal dalam mengawasi," tuturnya.

Sementara itu, Humas Bawaslu Kota Batu Yogi Eka Chalid membeberkan tingkat laporan dari pemilu 2024 dibandingkan dengan pemilu sebelumnya masih sama-sama nol.

Halaman Selanjutnya
img_title