Kejari - BPN Kota Batu Teken MoU Kerjasama Pelayanan Hukum Tata Usaha Negara

Kejari - BPN Batu teken MoU kerjasama
Sumber :
  • VIVA Malang - (Galih Rakasiwi)

Batu, VIVA – Kejaksaan Negeri Kota Batu melalui bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Batu. 

Babak Baru Polemik Pecah Bidang Terkatung-katung, Tunggu Audensi dengan Kejari Batu

Penandatanganan ini dilakukan untuk memperpanjang MoU yang telah berakhir dua tahun lalu. Harapannya pelayanan hukum di bidang perdata dan tata usaha negara di Kota Batu dapat berjalan lebih efektif dan efisien, serta memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejari Kota Batu, Reynold menjelaskan bahwa MoU ini bertujuan untuk melaksanakan kegiatan pendampingan hukum, pelayanan hukum, dan tindakan hukum lainnya sesuai dengan tugas dan fungsi Datun selaku pengacara negara. 

Dikritik Banyak Pihak, Kini Giliran Tokoh Masyarakat Keluhkan Kinerja BPN Batu

"Kejari Batu, melalui tugas fungsionalnya, akan memberikan pendampingan hukum kepada BPN untuk mengamankan kebijakan pemerintah di bidang perdata dan tata usaha negara, baik diminta maupun tidak diminta," katanya mewakili Kejari Batu, Didik Adyotomo di Kantor Sementara Kejari Batu, Selasa 9 Juli 2024.

Saat ini, pihaknya belum melakukan pendampingan karena MoU ini baru saja diteken. Dalam kesepakatan tersebut, Kejari dan BPN membahas beberapa hal penting antara lain berbagai langkah strategis untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Nasib Pemohon Pecah Bidang Tanah di BPN Batu Kembali Digantung

"Termasuk konsultasi mengenai peraturan atau undang-undang di bidang perdata dan tata usaha negara. Jadi tujuan utama MoU ini adalah untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat," tuturnya.

Plt Kakanwil BPN Kota Batu, Eko Jauhari menerangkan beberapa upaya peningkatan pelayanan terus dilakukan BPN, salah satunya yaitu MoU dengan Kejari Batu. 

Halaman Selanjutnya
img_title