Polres Batu Pastikan Stabilisasi dan Pasokan Harga Pangan Aman saat Lebaran

Pengecekan harga bahan pokok jelang lebaran oleh Polres Batu
Sumber :
  • Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Menjelang Idul Fitri atau Lebaran 2024, Satreskrim Polres Batu melakukan kegiatan pengawasan dan pemantauan stabilisasi pasokan dan harga pangan di beberapa toko dan swalayan.

Ramainya Kota Batu di Libur Lebaran Tak Sebanding dengan Perolehan Pendapatan Parkir Tepi Jalan

Kasat Reskrim Polres Batu, AKP Rudi Kiswoyo mengatakan tujuan dilakukan pengecekan sebagai salah satu upaya dalam pengawasan dan pengendalian terhadap bahan pokok. 

"Dari hasil pengawasan, semua komoditas terpantau memiliki stok mencukupi dan harga yang stabil. Tidak terdapat komoditas yang mengalami defisit, dan tidak ada kekurangan stok yang signifikan," katanya, Selasa 9 April 2024.

Semifinal Piala Asia U23 2024: Mampukah Indonesia U23 ‘Perawani’ Uzbekistan dan Lolos ke Final?

Pemantauan dari hulu hingga hilir sangat penting untuk mengantisipasi gangguan terhadap proses distribusi bahan pokok menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN). Sehingga bisa mengantisipasi kenaikan harga bahan pangan saat lebaran serta saat perayaan lebaran.

"Distribusi pangan harus lancar ke konsumen. Hal ini merupakan bagian dari upaya kepolisian khususnya Polres Batu memastikan kesejahteraan masyarakat saat HBKN," ujarnya.

BNPM Kota Malang Sebut Warung Madura 24 Jam Justru Banyak Manfaat Untuk Masyarakat

Hasil pengecekan di 5 jenis komoditi beras pertama yaitu beras medium di pasar tradisional Kota Batu memiliki stok sebesar 15 ton dengan harga Rp 9.500, dan di jual ke konsumen dengan harga Rp 10.900.

Kedua, pengecekan beras premium di pasar tradisional Kota Batu memiliki stok sebesar 15 ton dengan harga Rp 12.500, dan di jual ke konsumen dengan harga Rp 14.000.

Halaman Selanjutnya
img_title