Bencana Alam di Desa Ngampungan Bareng Jombang, Lahan 4 Hektare Longsor

Bencana alam tanah gerak di Ngampungan Bareng.
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Bencana alam berupa tanah gerak tidak hanya terjadi di Desa Sambirejo Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Mas Dion, Kader Militan PKB Mantap Maju Cabup Pasuruan 2024

Bencana alam juga menyasar sebuah tebing di Dusun Balekambang, Desa Jenisgelaran yang berbatasan dengan Desa Ngampungan Kecamatan Bareng juga longsor.

Akibat peristiwa yang terjadi pada Rabu 6 Maret 2024 itu, lahan produktif seluas 4 hektare hingga rumah warga di Desa Ngampungan dilaporkan terdampak material longsor. Dan kerugian ditaksir mencapai Rp300 juta.

Live Streaming Indonesia U23 vs Uzbekistan U23 di RCTI dan Vision+

Kepala Desa Ngampungan, Rohan mengatakan, bersamaan bencana longsor di Wonosalam, sebuah tebing di Dusun Balekambang Desa Jenisgelaran juga terjadi longsor.

"Ya, tepatnya sebuah tebing di areal perkebunan Dusun Balekambang, Desa Jenis Gelaran," kata Rohan, Rabu, 13 Maret 2024.

KONI, Dindik, dan DPRD Gelar Hearing Persiapan Porprov 2025, Ini Pembahasannya

Ia pun menjelaskan bahwa luberan air dan material longsor, mengakibatkan lahan pertanian produktif hingga rumah warga terdampak.

"Ada beberapa komoditi tanaman ikut rusak akibat luberan material longsor. Diantaranya, tanaman tebu, cengkeh, kopi, durian hingga padi. Selain itu, dampak luberan material juga memutus saluran irigasi petani," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title