Waspada! Cuaca Ekstrem Bakal Landa Kota Batu Sampai 14 Maret

Cuaca ekstrem di Kota Batu.
Sumber :
  • VIVA Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca ekstrem yang diprediksi akan melanda Kota Batu dalam beberapa kedepan.

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Menurut BMKG, cuaca ekstrem berupa angin kencang dan hujan diperkirakan akan terus terjadi hingga 14 Maret 2024. Prediksi ini didasarkan pada adanya bibit siklon atau pusat tekanan angin rendah yang terdeteksi di selatan Pulau Jawa.

Merespon kondisi itu, Kalaksa BPBD Kota Batu, Agung Sedayu mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan terhadap dampak yang dapat berpotensi terjadi.

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

Agung mengungkapkan, dampak yang dapat berpotensi terjadi dari adanya cuaca ekstrem di Kota Batu tersebut seperti banjir, tanah longsor, dan kerusakan infrastruktur. Untuk itu, kata dia, hal tersebut harus diantisipasi dengan baik.

”Dengan kewaspadaan yang tinggi dan kerjasama semua pihak, diharapkan dapat mengurangi potensi risiko yang dapat terjadi akibat cuaca ekstrem ini," kata Agung dalam keterangannya, Selasa, 12 Maret 2024.

Opini : Pilkada Kota Batu dan Harapan Pariwisata Berkelanjutan

Selain peringatan, beberapa kejadian akibat cuaca ekstrem terjadi di beberapa tempat selama dua hari ini. Seperti pohon tumbang menimpa pengendara pelajar, atap rumah warga rusak, atap TPS3R Pasar Induk Among Tani yang terbawa angin dan menimpa rumah warga, serta lainnya.

"Diharapkan masyarakat lebih berhati-hati saat berada di luar ruangan. Petugas gabungan akan terus melakukan pemantauan di titik-titik rawan bencana," tutupnya.