Pangkalan TNI Angkatan Laut Bandung Bikin 5 Cluster Prioritas Pembangunan

Danlanal Bandung, Kol. Laut (KH/W) Dr Renny Setiowati
Sumber :
  • Istimewa

Malang, VIVA – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bandung merancang 5 cluster prioritas di ibu kota Provinsi Jawa Barat. 5 cluster pembangunan itu yakni, Pendidikan, Ekonomi, Pariwisata, Kesehatan dan Pertahanan.

Mantan Wabup Pasuruan Diantar Para Ulama Daftar Cabup ke Kantor DPC PKB

"Kami pada tiap cluster memberikan per perbaikan, dan pembangunan wujud nyata di lapangan. Contohnya, cluster kesehatan kita lakukan perbaikan kondisi Posyandu kurang layak. Cluster pendidikan kita bantu penguatan pada gedung perpustakaannya," kata Komandan Lanal (Danlanal) Bandung, TNI AL, Kol. Laut (KH/W) Dr Renny Setiowati, S.T.,M.Sc, M.Tr, Hanla saat bertemu perwakilan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya beberapa waktu lalu. 

Renny mengatakan, untuk cluster pertahanan Lanal Bandung membantu pembangunan poskamling di perkampungan. Untuk, cluster pariwisata mereka membangun pengadaan tower pemantauan di kawasan pantai.

Aksi Buruh Di Kota Malang Juga Suarakan Tragedi Kanjuruhan

"Bertujuan membantu pengawasan dan pemantauan, mencegah adanya kecelakaan di laut. Kita lakukan dibeberapa daerah yang menjadi wilayah kerja Lanal Bandung. Dilaksanakan secara berkelanjutan," ujar Renny. 

Mantan pejabat di Kementerian Koordinator Polhukam RI ini menjelaskan, selain program membangun nusantara dengan lima cluster. Lanal Bandung juga memberikan pembinaan dan pendampingan kepada para petani.

Peringatan Hari Buruh di Kota Malang Diwarnai Aksi 'Mberot'

"Salah satunya kita memiliki desa binaan di Cianjur, Pangandaran, Cikelet dan lainnya pada beberapa bulan yang lalu. Pembinaan dan pendampingan terus dilakukan secara berkelanjutan. Bagian dari penguatan ketahanan pangan di Bandung," tutur Renny. 

Di Cianjur, mereka membina dan mendampingi petani sorgum hingga panen. Sorgum dianggap salah satu komoditas yang bisa digunakan untuk ketahanan pangan bagi masyarakat menengah ke bawah.

Halaman Selanjutnya
img_title