Tak Ada Solusi, Warga Di Jombang Akhirnya Blokade Pintu Pabrik Kayu

Warga memblokade pintu pabrik pengolahan kayu
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Tidak ada solusi atas permasalahan pencemaran udara, berupa debu serbuk kayu di Dusun Tunggorono, Desa Tunggorono, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Warga setempat akhirnya memblokade pintu gerbang pabrik.

Wabup Malang Didik Gatot Subroto Ambil Formulir ke DPC PDIP Batu, Besok Kris Dayanti

Warga yang berjumlah hampir 50 orang itu, sebelumnya melakukan mediasi di kantor Desa Tunggorono, dengan menghadirkan DLH, dewan, Camat, Kapolsek dan perwakilan pabrik.

Namun, setelah ditunggu hingga waktu yang ditentukan, pihak perwakilan perusahaan pengolahan kayu, tidak hadir dalam pertemuan tersebut. 

Buka Program ESG, ISA Dukung Universitas Sanata Dharma dan Interlink

Karena, tidak ada solusi yang didapat, akhirnya 10 orang perwakilan warga dengan didampingi dewan, DLH, Camat, Kapolsek dan Kepala Desa, mendatangi perusahaan yang ada di jalan raya Prof Dr Nurcholish Madjid No 173 tersebut.

Setibanya di pabrik pengolahan kayu, perwakilan warga, dan pihak-pihak terkait ditolak oleh pihak perusahaan. Bahkan, perwakilan perusahaan tidak berkenan warga dan pihak-pihak terkait masuk ke dalam perusahaan.

Di Momen Halalbihalal BNPM Tegaskan Komitmen Bersinergi Dengan Pemerintah

"Tadi karena perusahaan gak hadir, kita terus ke sini dengan perwakilan tadi (Dewan, Camat, Kapolsek, DLH, Kades). Dan ini nantinya akan disampaikan ke warga hasil pertemuan ini," kata Mohammad Sofwan (66 tahun) warga Tunggorono RT 3 RT 2, Rabu 4 Oktober 2023.

Ia mengaku tuntutan warga yang utama adalah, pencemaran debu serbuk kayu yang selama 3 bulan mengganggu warga, bisa segera teratasi. Dan warga kembali menghirup udara segar seperti dahulu kala.

Halaman Selanjutnya
img_title