Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Paling Banyak Diminati di Jalur SNBP

Universitas Brawijaya Malang
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Sebanyak 26.487 pendaftar mengikuti jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 di Universitas Brawijaya (UB) Malang. Dari jumlah itu, UB hanya menerima 5.380 mahasiswa saja.

Gathering Sinergi Bisnis Kadin dan Bank Jatim, Jalan Awal Bangun Perekonomian Kota Batu

Catatan jumlah ini menempatkan UB sebagai Perguruan Tinggi Negeri dengan pendaftar terbanyak sekaligus penerima peserta terbanyak. UB sendiri memiliki 83 program studi untuk jenjang S1 dan Diploma. UB dianggap memberikan kesempatan yang lebih besar bagi calon mahasiswa sehingga dibanjiri pendaftar.

"Tentunya dengan kualifikasi, akreditasi, dan jaminan mutu yang baik. Selain itu kondisi kota Malang yang nyaman sebagai kota pelajar dengan berbagai fasilitas dan kemudahan akses, juga menjadi daya tarik tersendiri," kata Wakil Rektor Bidang Akademik Imam Santoso, Rabu, 29 Maret 2023.

Bawaslu Klaim Masyarakat Kota BatuKurang Berani Laporkan Pelanggaran Pemilu

SNBP dulunya bernama Seleksi Nasional Masuk PTN atau SNMPTN penilainya dilakukan melalui pemberian bobot minimal 50 persen untuk nilai rata-rata rapor seluruh mata pelajaran. Serta maksimal 50 persen diambil dari nilai rapor dua mata pelajaran pendukung, serta prestasi akademik dan non akademik.

Daftar program studi dengan peminat terbanyak adalah Saintek yaitu Kedokteran dengan 1.917 peminat, diikuti Teknik Informatika sebanyak 1.281 peminat, Ilmu Keperawatan 1.201 peminat, Farmasi 1.188 peminat, dan Ilmu Gizi 966 peminat. 

PT Selecta Gelar RUPS, Catatkan Kenaikan Deviden

Sedangkan untuk Soshum yakni Psikologi dengan 1.592 peminat, Akuntansi 1.547 peminat, Manajemen 1.537 peminat, Ilmu Hukum 1.513 peminat, dan Ilmu Komunikasi 1.328 peminat. 

Sementara itu program studi yang paling ketat untuk kelompok Saintek yakni Farmasi dengan keketatan 4 persen, diikuti Kedokteran 4 persen, Ilmu Keperawatan 5 persen, Ilmu Gizi 6 persen, dan Pendidikan Dokter Gigi 6 persen. Keketatan pada kelompok Soshum yakni Psikologi 6 persen Ilmu Komunikasi 7 persen, Manajemen 7 persen, Hubungan Internasional 7 persen, dan Akuntansi 8 persen. 

Halaman Selanjutnya
img_title