Mahasiswa UB Diganjar Medali Emas Karena Ciptakan Alat Sterilisasi Kedokteran Gigi

Mahasiswa UB raih Gold Medal International Award
Sumber :
  • Humas UB

MalangMahasiswa Universitas Brawijaya dari Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Teknik meraih Gold Medal International Award pada ajang Thailand Inventor's Day 2023 beberapa waktu lalu. Mereka menciptakan Aladdin, yakni alat sterilisasi sekaligus penyimpanan alat kesehatan.

Kuliah di BINUS Malang Cukup 2,5 Tahun Siapkan Mahasiswa Untuk Berkarir

Ada 7 mahasiswa yang terlibat, mereka adalah Shofi Ramadhani (FKG), Muhamad Romadhani Prabowo (FT), M. Dilan Linoval (FT), Linda Risalatul Muyasaroh (FKG), Akmal Mulki Majid (FT), Raden Aryanta Luthfi Widyatna (FT), dan Fadhil Raditya Abhiseka (FT). Mahasiswa ini dibimbing oleh 3 dosen pembimbing yaitu Eka Maulana, (FT UB), Dr. drg. Yuanita Lely Rachmawati serta Dr. drg. Yuli Nugraeni (FKG UB). 

"Alat sterilisasi kesehatan yang dinamai Aladdin berfungsi sebagai alat sterilisasi sekaligus penyimpanan alat kesehatan, dimana alat sterilisasi kesehatan bermetode plasma dan solar sel yang terhubung dengan Internet of Things (IoT)," kata Shofi selaku perwakilan tim, Minggu, 19 Februari 2023. 

Tampil Lepas, Jakarta Pertamina Pertamax Gulung Kudus Sukun Badak 3-0 di Pekan Kedua Proliga 2024

Shofi mengatakan, bahwa mereka membuat Aladdin untuk mempermudah tenaga medis yang di tempatkan di daerah terpencil atau daerah yang sulit energi listrik. Harapannya agar para tenaga medis tetap bisa melakukan sterilisasi dengan optimal.

Aladdin memiliki beberapa kelebihan dibandingkan autoklaf diantaranya, bentuknya portable, hemat daya, metode plasma, lebih murah, ukuran lebih kecil, sterilisasi lebih cepat hanya 300 detik. 

RSSA Malang Lakukan Penertiban Aset Rumah Dinas Untuk Direktur di Jalan Ijen

"Ïni lebih cepat dari autoklaf yang membutuhkan 15 menit, dan terhubung dengan Internet of Things (IoT)," ujar Shofi. 

Ide menuturkan sebenarnya Aladdin sudah muncul sejak tahun 2018 dan telah mengalami perkembangan fitur prototype. Dia berharap, di masa mendatang Aladdin dapat di produksi secara massal.

Halaman Selanjutnya
img_title