Startup Mahasiswa UB Wakili Indonesia di Hannover Messe 2023

Axotic Farm menjadi tim Official Partner Country Hannover Messe 2023
Sumber :
  • Humas UB

Malang – 4 mahasiswa Universitas Brawijaya yang tergabung dalam tim Axotic Farm menjadi tim Official Partner Country Hannover Messe 2023. Mereka adalah, Daffa Khairan (FPIK 2018), Muhammad Setiawan Gusmi (FPIK 2018), Raditya Putra Trenggono (FPIK 2021), dan Brillian Prastica (FPIK 2018).

Terminal Arjosari Malang Catatkan Peningkatan Penumpang 14 Persen

CEO Axotic Farm, Daffa Khairan mengatakan pada ajang Hannover Messe 2023 Axotic Farm mereka memposisikan diri sebagai Indonesian Fish Trading. Mereka membawa berbagai komoditi perikanan Indonesia ke Jerman. 

"Harapannya melalui ini Indonesia dapat meningkatkan peluang untuk ekpansi pasar perikanan ke Eropa. Hal ini juga sejalan dengan visi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk bisa ekspansi ke Eropa karena berdasarkan data KKP nilai ekspor perikanan ke negara Uni Eropa senilai USD357,12 juta atau hanya 6,26 persen dari total keseluruhan," kata Daffa, Kamis, 27 April 2023.

Perkuat Langkah Bantu UMKM, Mebiso Kolaborasi dengan SMESCO Indonesia

Axotic Farm sendiri merupakan perusahaan hasil hilirisasi riset Mahasiswa Universitas Brawijaya yang fokus pada pengembangan produk perikanan. Salah satu pencapaiannya adalah berhasil mengembangkan sistem U-RCS (Ultra Recirculated Chiller System). 

U-RCS adalah sistem yang dapat memanipulasi parameter sehingga bisa mengembangkan berbagai komoditi dengan sistem close-loop.

3 Tempat yang Disidak Mamin Pj Bupati, Ternyata Sudah Dihubungi Dinas Ketahanan Pangan Jombang

Komoditi yang menjadi fokus adalah Axolotl (Ambystoma Mexicanum) yang berhasil dikembangkan melalui sistem U-RCS. Axolotl merupakan endemik Meksiko yang hidup pada iklim subtropis, namun kini berhasil dikembangkan dan adaptif di Indonesia yang beriklim tropis.

"Pencapaian ini menjadi awal baru untuk ide pengembangan riset yang lebih besar seperti Salmon yang mungkin saja dapat dikembangkan di Indonesia," ujar Daffa.

Halaman Selanjutnya
img_title