Puskesmas di Kota Malang Layani Konseling Demi Tekan Kasus Percobaan Bunuh Diri

Wali Kota Malang, Sutiaji
Sumber :
  • Viva Malang

MalangPemerintah Kota Malang menaruh perhatian serius terhadap sejumlah kasus percobaan bunuh diri di wilayahnya. Dalam dua pekan terakhir setidaknya ada sederet peristiwa percobaan bunuh diri. 

Gathering Sinergi Bisnis Kadin dan Bank Jatim, Jalan Awal Bangun Perekonomian Kota Batu

Dimana 3 kasus diantaranya terjadi di Jembatan Soekarno-Hatta atau Soehat, Kota Malang. Sejumlah rekomendasi muncul pasca peristiwa ini. Salah satunya adalah membuat pagar pembatas di jembatan Soehat agar kejadian serupa tidak terulang. 

"H plus 2 pasca kejadian (Jumat, 26 Mei 2023) kita langsung ajukan ke Pemprov Jatim (rencana pembuatan pagar pembatas Jembatan Soehat)," kata Wali Kota Malang, Sutiaji, Selasa, 6 Juni 2023.

Bawaslu Klaim Masyarakat Kota BatuKurang Berani Laporkan Pelanggaran Pemilu

Disisi lain Sutiaji mengatakan, Pemkot Malang melakukan pencegahan dengan menyiapkan seluruh Puskesmas melayani bimbingan konseling atau psikologi. Katanya, layanan ini sudah disiapkan disetiap Puskesmas di Kota Malang. 

"Kalau dari pemerintah kota yang konsultasi sakit seperi stres kejiwaan itu sudah kami lakukan terus menerus. Sudah ada layanan itu di Puskesmas," ujar Sutiaji. 

PT Selecta Gelar RUPS, Catatkan Kenaikan Deviden

Sutiaji bahkan mengungkapkan, data terbaru yang dia dapat. Sudah ada 20 masyarakat yang memanfaatkan layanan ini untuk konsultasi. Menurutnya, hal ini cukup efektif dan harus terus digerakan agar masyarakat mudah berkonsultasi atas masalah pribadi yang menimpanya. 

"Masing-masing Puskesmas sudah bergerak, totalnya di masing-masing Puskesmas itu ada 20 yang melakukan konsultasi," tutur Sutiaji. 

Halaman Selanjutnya
img_title